Pengaruh Penempatan Kembali Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan : studi pada Divisi Pengadaan dan Pengelolaan Persediaan, Khususnya Karyawan Lama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

NurulHidayah (2006) Pengaruh Penempatan Kembali Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan : studi pada Divisi Pengadaan dan Pengelolaan Persediaan, Khususnya Karyawan Lama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “ Pengaruh Penempatan Kembali Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan” ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan penempatan karyawan pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk untuk meningkatkan prestasi kerja karyawannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan karyawan terhadap prestasi kerja karyawan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (eksplanatory research). Dimana penelitian penjelasan tersebut adalah untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu ada pengaruh antara variabel bebas penempatan karyawan yang terdiri dari kesesuaian pengetahuan, kesesuaian kemampuan, kesesuaian keterampilan, dan kesesuaian sikap dengan prestasi kerja karyawan sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Divisi Pengadaan dan Pengelolaan Persediaan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 49 responden dengan teknik pengambilan sampel “ proportionate stratified random sampling.” Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda di mana bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji F dan Uji t digunakan untuk menguji variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa variabel keterampilan mempunyai pengaruh yang dominan (beta=0,376) terhadap prestasi kerja karyawan. Variabel-variabel lainnya juga berpengaruh. Secara simultan keempat variabel yaitu kesesuaian pengetahuan, kesesuaian kemampuan, kesesuaian keterampilan, dan kesesuaian sikap mempunyai pengaruh terhadap prestasi kerja karyawan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas penempatan karyawan dengan variabel terikat prestasi kerja karyawan. Secara keseluruhan pelaksanaan penempatan karyawan di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk sudah baik dan hendaknya perusahaan tetap melaksanakan penempatan karyawan secara teratur dan berkesinambungan serta menumbuhkembangkan potensi yang ada dalam diri karyawan dalam rangka meningkatkan prestasi kerja karyawannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/474/050603042
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2008 09:32
Last Modified: 22 Oct 2021 13:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113152
[thumbnail of 050603042.pdf]
Preview
Text
050603042.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item