Pengembangan Jasa Pelayanan Publik Pada Badan Usaha Milik Negara : tudi Tentang Pemanfaatan TI Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pelayanan Publik Pada PT. Pos Indonesia Kota Malang 65100

RikaWahyuPrasetyowati, (2006) Pengembangan Jasa Pelayanan Publik Pada Badan Usaha Milik Negara : tudi Tentang Pemanfaatan TI Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pelayanan Publik Pada PT. Pos Indonesia Kota Malang 65100. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang pentingnya pengembangan jasa bagi setiap perusahaan jasa baik swasta maupun BUMN. Pengembangan jasa merupakan kunci keberhasilan bagi setiap perusahaan jasa. Pengembangan dilakukan untuk menunjang proses administrasi pembangunan dimana administrasi pembangunan merupakan suatu proses pembangunan sebagai suatu proses perubahan sosial menyeluruh. Dalam administrasi pembangunan terdapat ruang lingkup untuk mencapai tujuan administrasi pembangunan yaitu The Development Of Administration atau penyususnan kebijaksanaan dimana dalam penyempurnaannya diperlukan adanya pegawai, tata kerja dan pengurusan sarana administrasi lainnya. Ruang lingkup yang kedua yaitu Administration Of Development yang merupakan pelaksanaan kebijaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien. Administrasi pembangunan perlu memberikan sarana administrasi yang memungkinkan pertumbuhan teknologi, karena teknologi juga berkaitan erat dengan pembangunan agar pembangunan memiliki kualitas yang baik. PT. Pos Indonesia (persero) sebagai salah satu BUMN perlu melakukan pengembangan jasa yang efisien dan efektif kepada masyarakat sebagai pengguna jasa pos, sehingga kepuasan masyarakat dapat dicapai secara optimal. Adanya era globalisasi yang berdampak pada semakin ketatnya persaingan dengan perusahaan jasa yang sejenis dengan pos dan juga adanya misi ganda yang dimiliki PT. Pos Indonesia (persero) mengakibatkan perusahaan ini terus mengadakan pembenahan dan peningkatan pelayanan dengan memperhatikan permintaan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan dilakukannya pengembangan jasa pelayanan publik yang mengarah pada efisiensi dan efektifitas layanan. Pengembangan pelayanan yang mengarah pada perbaikan layanan dilakukan pada jenis layanan pos peka waktu. Pengembangan pelayanan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sebagai upaya perusahaan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pengembangan pelayanan pada masyarakat PT. Pos Indonesia Kota Malang masih mengalami berbagai kendala. Secara teoritis, penulisan skripsi ini diperkuat dengan teori dan kajian tentang administrasi publik, pengembangan, pelayanan publik, sektor privat, jasa dan BUMN. Dalam pembahasannya, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sementara fokus penelitiannya mengenai pemanfaatan TI dalam pengembangan jasa pelayanan publik, peningkatan kualitas produk dalam pengembangan jasa serta pendukung dan penghambat dalam pengembangan jasa pelayanan publik. Lokasi penelitian di Kantor Pos Malang vii 65100. Dalam penelitian ini peneliti menggali data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa interview quide dan alat tulis menulis. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai pemanfaatan TI yang dilakukan PT. Pos Indonesia Kota Malang 65100 dalam pengembangan jasa layanan, peningkatan kualitas produk dan pelayanan pada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan layanan jasa pos peka waktu di PT. Pos Indonesia Kota Malang 65100, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia Kota Malang 65100. Dengan adanya penghambat yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia Kota Malang, penulis memberikan masukan berupa saran-saran untuk dapat membantu menyelesaikannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/436/050602901
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2008 10:08
Last Modified: 22 Oct 2021 12:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113135
[thumbnail of 050602901.pdf]
Preview
Text
050602901.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item