Strategi Bersaing : Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif”, Studi Kasus pada Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali

IisWindraDini (2006) Strategi Bersaing : Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif”, Studi Kasus pada Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia industri pariwisata di Indonesia pada umumnya mengalami pasang surut karena kemajuan usahanya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik itu faktor internal dan faktor eksternal. Pasang surut industri pariwisata ini juga terjadi di Bali yang notabene sebagai tempat tujuan wisata di Indonesia. Kondisi seperti itu menimbulkan suatu persaingan yang ketat antara perusahaan industri pariwisata yang ada. Persaingan ini menjadi semakin ketat dengan adanya sistem pasar bebas yang memudahkan masukya investasi – investasi asing ke dalam negeri. Demikian juga dengan Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali yang merupakan salah satu sekian banyak hotel yang ada di Bali, juga tidak lepas dari persaingan yang ada. Menghadapi persaingan bisnis perhotelan saat ini diperlukan strategi pemasaran yang beorientasi pada pasar yang dapat mengantisipasi seluruh keinginan dan kebutuhan konsumen. Jantung kinerja perusahaan dalam pasar bersaing adalah keunggulan bersaing. Dengan adanya keunggulan bersaing, perusahaan dapat menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif karena memiliki suatu ciri khas atau karakteristik yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal yang dihadapi, untuk mengetahui kondisi eksternal yang dihadapi dan untuk mengetahui strategi apa yang yang sebaiknya digunakan dalam menghadapi persaingan yang ada sehingga diperoleh suatu keunggulan bersaing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan analisa kualitatif dan sumber data berupa data primer dan data sekunder serta teknik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis matrik EFAS menunjukkan nilai 2,73 berarti perusahaan mampu merespon peluang dan mengatasi ancaman yang ada. Analisis Matrik IFAS menunjukan nilai 3,30 berarti perusahaan mampu memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan mengatasi kelemahan yang ada. Hasil Analisis Competitive Profile Matrix (CPM) diketahui bahwa Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali hotel yang paling kuat dibandingkan pesaing yang ada. Hasil analisis SWOT menghasilkan empat strategi yaitu : Srategi SO, Srategi ST, Srategi WO, Srategi WT. Hasil analisis matrik Internal Eksternal menunjukan koordinat (2,73 , 3,30) maka dari analisa itu dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang di gunakan adalah kombinasi strategi bersaing dan strategi menyerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/42/050700105
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2008 09:30
Last Modified: 22 Oct 2021 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113120
[thumbnail of 050700105.pdf]
Preview
Text
050700105.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item