Inovasi Nilai Sebagai Strategi Dalam Memperluas Pasar : studi Pada Divisi Agrowisata PT Kusuma Agrowisata

FebrinaDyanAnindita (2006) Inovasi Nilai Sebagai Strategi Dalam Memperluas Pasar : studi Pada Divisi Agrowisata PT Kusuma Agrowisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya perusahaan yang menawarkan dan menghasilkan produk atau jasa sejenis, mengakibatkan semakin besarnya arus persaingan bisnis demi mengejar sebuah pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan. Sebagai sebuah jawaban untuk pengembangan perusahaan, baik untuk masa kini maupun untuk masa yang akan datang adalah dengan melakukan inovasi nilai. Penciptaan inovasi nilai sebagai terobosan pemasaran pada saat ini mungkin telah menjadi sebuah keharusan. Selain untuk memperkuat daya saing agar perusahaan dapat tetap eksis, strategi ini juga dapat memperluas pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji inovasi nilai sebagai strategi dalam memperluas pasar khususnya pada PT Kusuma Agrowisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Obyek penelitian meliputi fasilitas agrowisata yang memberikan nilai pengalaman bagi konsumen sebagai bentuk inovasi nilai dan perluasan pasar yang tercipta sehingga berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan agrowisata. Lokasi penelitian yaitu PT Kusuma Agrowisata yang terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Po Box 36 Atas Ngaglik, Batu, Jawa Timur. Sumber data primer diambil dari Divisi Agrowisata PT Kusuma Agrowisata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Tahapan penganalisisan data dengan mendeskripsikan inovasi nilai yang dilaksanakan dan menganalisis hasil inovasi nilai dari data kunjungan wisatawan sebagai perwujudan perluasan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agrowisata merupakan bentuk inovasi nilai yang dilaksanakan oleh PT Kusuma Agrowisata. Inovasi nilai merupakan penggabungan antara biaya rendah dan diferensiasi. Biaya rendah dilakukan melalui pengurangan jumlah pegawai yang menyesuaikan situasi dan kondisi kebun. Diferensiasi dapat terjadi dengan tersedianya komoditi pertanian yang mayoritas impor disertai dengan variasi fasilitas seperti paket wisata kebun, pelatihan agribisnis dan agrowisata, outward bound , serta agroindustri. Diferensiasi juga dilakukan dengan menciptakan suasana wisata minat khusus, seperti slogan yang dimiliki PT Kusuma Agrowisata. Perluasan pasar yang terjadi merupakan dampak dari implementasi inovasi nilai, sehingga pasar PT Kusuma Agrowisata dibagi menjadi tiga segmen, yaitu instansi, keluarga, dan hotel. Secara keseluruhan, inovasi nilai merupakan strategi yang efektif untuk dilaksanakan PT Kusuma Agrowisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/401/050602418
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2008 15:50
Last Modified: 22 Oct 2021 12:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113105
[thumbnail of 050602418.pdf]
Preview
Text
050602418.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item