Peranan Diklat Aritmatika untuk meningkatkan prestasi guru dalam mengajar aritmatika : studi pada Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Pasuruan

KrisnaRahayuNingtiyas (2006) Peranan Diklat Aritmatika untuk meningkatkan prestasi guru dalam mengajar aritmatika : studi pada Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang selalu dianggap sulit oleh sebagian besar anak didik di Indonesia. Hal ini disebabkan masih lemahnya pengembangan metode belajar mengajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan oleh guru bidang studi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengajar khusus pada pelajaran aritmatika, yaitu dengan mengirimkan salah satu perwakilan tenaga didiknya pada suatu lembaga diklat. Diklat (pendidikan dan pelatihan) adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan memperbaiki kemampuan kerja seseorang dalam kaitannya dengan bidang yang tekuni termasuk di dalamnya peningkatan penguasaan teori dan ketrampilan, memutuskan terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kegiatan mencapai tujuan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperbaiki penguasaan berbagai ketrampilan dan teknik menghitung dengan menggunakan abakus/ sempoa. Mengingat begitu pentingnya bidang aritmatika dalam hal mempelajari pelajaran matematika, maka prestasi guru dalam mempelajari aritmatika juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan dalam mengajar aritmatika. Karena alasan tersebut penulis mengadakan penelitian pada Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan diklat aritmatika untuk meningkatkan prestasi guru dalam mengajar aritmatika dan mengetahui hambatan yang dialami dan upaya penanggulangan hambatan dalam mnyampaikan materi diklat aritmatika yang sudah diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian, meliputi pelaksanaan diklat mental aritmatika tingkat dasar dan lanjutan, hambatan yang dialami dan upaya yang dilakukan dalam menyampaikan materi diklat aritmatika yang sudah diperoleh oleh guru Sekolah Dasar Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data fokus yang telah dianalisa dan diinterpretasikan, dapat disimpulkan bahwa Peranan Diklat Aritmatika untuk Meningkatkan Prestasi Guru dalam Mengajar Aritmatika pada Badan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Pasuruan dapat dikatakan berhasil, baik bagi pihak BPSDD maupun bagi para peserta itu sendiri dalam mengaplikasikan hasil dari pelatihannya (mengajar aritmatika) . Saran yang dapat diberikan penulis adalah meningkatkan kerjasama antara semua pihak, baik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan pengembangan Sumber Daya daerah (BPSDD), pihak sekolah dan Wali murid, serta diperlukan banyak sosialisasi mengenai pentingnya pelajaran aritmatika bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/388/050602405
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2008 10:19
Last Modified: 22 Oct 2021 12:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113092
[thumbnail of 050602405.pdf]
Preview
Text
050602405.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item