Efektivitas Kebijakan Kredit untuk Meningkatkan Rentabilitas : studi pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) Kabupaten Probolinggo

Suciati (2006) Efektivitas Kebijakan Kredit untuk Meningkatkan Rentabilitas : studi pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces (K4L) Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai lembaga kredit, koperasi dituntut mempertahankan atau bahkan harus dapat mengelola serta mengadakan pengawasan yang efektif terhadap modal kerjanya terutama yang menyangkut kredit koperasi dengan memperhatikan resiko yang mungkin timbul sebagai akibat adanya kebijaksanaan kredit sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan modal kerja yang ada dan pada akhirnya dapat meningkatkan rentabilitas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebijaksanaan kredit atau credit policy yang dijalankan oleh manajemen koperasi dan untuk mengetahui dampak kebijakan kredit terhadap rentabilitas. Dilihat dari cara atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan sejumlah variabel dari obyek yang diteliti tanpa menarik kesimpulan umum. Dilihat dari ruang lingkupnya dan tujuan penelitian ini tergolong penelitian kasus. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Karyawan Keluarga Besar Kertas Leces Unit Simpan Pinjam dari tahun 2003 sampai tahun 2005 telah efektif dalam penerapan kebijakan kreditnya. Hal tersebut ditunjukkan oleh pengumpulan piutang yang lebih cepat dibandingkan dengan yang disyaratkan oleh koperasi. Meskipun masih terdapat nasabah yang meminjam melebihi jumlah plafon yang ditetapkan yang berasal dari kesepakatan nasabah dengan pimpinan, namun pengumpulan piutang tetap sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Koperasi sebaiknya tetap mempertahankan kebijakan kredit yang telah ditetapkan. Agar terus dapat mempertahankan kebijakan kredit tersebut, koperasi lebih aktif dan intensif dalam mengevaluasi kembali kebijakan kredit agar tetap sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, sehingga diharapkan adanya pengaruh yang lebih baik terhadap koperasi dimana tingkat rentabilitas meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/379/050602396
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2008 13:51
Last Modified: 22 Oct 2021 12:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113083
[thumbnail of 050602396.pdf]
Preview
Text
050602396.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item