Peranan Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Mensosialisasikan Program-program Pembangunan : studi Pada Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri

Giyanti (2006) Peranan Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Mensosialisasikan Program-program Pembangunan : studi Pada Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan merupakan media untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik secara materiil dan spiritual. Pembangunan tidak akan berjalan dengan efektif apabila hanya didukung oleh aparat pemerintah saja, tetapi juga memerlukan partisipasi masyarakat secara menyeluruh sebagai obyek sekaligus subyek pembangunan. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan baru akan muncul apabila masyarakat mengetahui program-program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah setempat. Masyarakat akan dapat mengetahui berbagai program pembangunan setelah dilakukan proses sosialisasi kepada masyarakat. Proses sosialisasi program-program pembangunan dilakukan melalui berbagai bentuk komunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, agar masyarakat dapat mengetahui berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, jajaran pemerintah daerah perlu mengkomunikasikan program-program pembangunan tersebut kepada masyarakat. Pada jajaran pemerintah daerah, kegiatan mengkomunikasikan program-program pembangunan yang biasa disebut dengan proses sosialisasi dilakukan oleh Bagian Humas. Dalam pelaksanaan pembangunan, Bagian Humas memiliki peranan sebagai salah satu penunjang tercapainya keberhasilan pembangunan melalui komunikasi sesuai dengan tugas dan fungsinya. Bagian Humas memiliki peranan sebagai sumber informasi yang kemudian menyebarkan informasi mengenai program-program pembangunan kepada masyarakat dan hasil-hasil yang telah dicapai melalui pelaksanaan pembangunan sekaligus menyerap aspirasi dari masyarakat agar lebih menyempurnakan program pembangunan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena yang sedang terjadi. Adapun fokus penelitian ini adalah peranan Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri dalam mensosialisasikan program-program pembangunan yang meliputi program kerja dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri serta sosialisasi hasil-hasil pembangunan. Faktor pendukung dan penghambat dalam mensosialisasikan program-program pembangunan serta upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Lokasi penelitian diKota Kediri sedangkan situs penelitian diKantor Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri serta beberapa pihak yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/364/050602381
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2008 10:38
Last Modified: 22 Oct 2021 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113070
[thumbnail of 050602381.pdf]
Preview
Text
050602381.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item