Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Penjualan : studi Kasus Pada Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang

BudiyantoThomasAquino, (2006) Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Penjualan : studi Kasus Pada Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang bergerak dalam industri rokok dengan hasil produksi lebih dari satu jenis meliputi kualitas rasa, harga, dan macam merek yang berbeda-beda. Permasalahannya adalah “Seberapa besar pengaruh aktivitas dan biaya periklanan serta promosi penjualan selama ini dalam meningkatkan volume penjualan ?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas dan biaya periklanan serta promosi penjualan dalam meningkatkan penjualan. Pada penelitian ini setelah data dikumpulkan akan diolah dengan pendekatan statistik yaitu rata-rata pertumbuhan, estimasi dengan menggunakan metode least square dan regresi linear berganda. Untuk menganalisis data guna menghasilkan persamaan regresi linear berganda menggunakan bantuan pengolah data SPSS for windows versi 12. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pertumbuhan (Gm) Stiker yang dicetak berikut biayanya sebesar 1,3% dan 2,93%, banyaknya Kalender yang dicetak berikut biayanya sebesar 1,8% dan 4,11%, banyaknya penyiaran iklan di Radio berikut biayanya sebesar 0,72% dan 1,88%, banyaknya Spanduk yang dibuat berikut biayanya sebesar 1,95% dan 3%, dan banyaknya kegiatan sponsoship berikut biayanya sebesar 2,73% dan 1,56%. Untuk rata-rata pertumbuhan volume penjualan sebesar 0,18% dan omzet penjualan sebesar 1,98%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui koefisien regresi banyaknya Stiker yang dicetak berikut biayanya (b1) sebesar 0,791, dan 445,057, banyaknya Spanduk yang dicetak berikut biayanya (b2) sebesar 6,437, dan 745,172, banyaknya penyiaran iklan di Radio berikut biayanya (b3) sebesar 22,753, dan 933,436, banyaknya Spanduk yang dibuat berikut biayanya (b4) sebesar 150,341 dan 636,052, serta banyaknya kegiatan Sponsorship berikut biayanya (b5) sebesar 401,320 dan 521,376. Berdasarkan hasil peramalan dengan metode least square dan analisis regresi linear berganda variabel-variabel aktivitas dan biaya periklanan serta promosi penjualan sebagai prediktor meramalkan volume dan omzet penjualan pada kasus di Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang menunjukan kesesuaian dengan upaya yang diharapkan perusahaan di masa mendatang. Kebijakan penentuan peningkatan harga juga dapat digunakan sebagai dukungan sebagai kontrol ketepatan pencapaian omzet penjualan. Sehubungan dengan hal tersebut penulis menyarankan untuk mengadakan penambahan dan perbaikan media yang digunakan dalam periklanan.. Selain itu, hendaknya perusahaan memrogramkan kegiatan sponsorship yang sudah ada atau pernah dilakukan dan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/359/050602150
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2008 10:07
Last Modified: 22 Oct 2021 11:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113064
[thumbnail of 050602150.pdf]
Preview
Text
050602150.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 050602150.pdf]
Preview
Text
050602150.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item