Hubungan Personal Selling (Penjualan Perorangan) dengan Volume Penjualan : studi pada Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang

DodikIrawan (2006) Hubungan Personal Selling (Penjualan Perorangan) dengan Volume Penjualan : studi pada Perusahaan Rokok CV. Suket Teki Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan strategi bauran promosi dalam pemasaran yang dipergunakan CV Adi Jaya adalah berupaya untuk meningkatkan penjualan. Bauran promosi yang dipergunakan oleh perusahaan tersebut antara lain adalah dengan mempergunakan bauran yang terdiri dari 1). Periklanan, 2). Promosi Penjualan, 3). Hubungan Masayarakat dan Publisitas, 4). Penjualan Personal dan 5). Pemasaran Langsung, bauran promosi tersebut diharapkan dapat menimbulkan minat konsumen untuk membeli produk dan meningkatkan penjualan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel biaya bauran promosi terhadap tingkat penjualan pada perusahaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian explanatory, bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan sejumlah data untuk mendapatkan suatu gambaran, fakta-fakta yang jelas tentang pengaruh biaya promosi terhadap jumlah kunjungan. Variabel dependen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Biaya Bauran Promosi (X) terdiri dari Periklanan (X 1), Promosi Penjualan (X.2), Hubungan Masyarakat dan Publisitas (X.3), Penjualan Personal (X4) dan Pemasaran Langsung (X5), sedangkan variabel Independen yaitu Volume Penjualan(Y). Data dikumpulan melalui Interview, Observasi/ pengamatan langsung dan Dokumentasi. Data diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji f, dan uji t. Data dianalisis dengan Analisis Deskriptif dan Analisis Statistik yang terdiri dari Analisis korelasi dan Analisis regresi. Pada penelitian ini diketahui bahwa biaya bauran promosi yaitu Periklanan ( X1), Promosi Penjualan ( X2), Hubungan Masayarakat dan Publisitas ( X3), Penjualan Personal ( X4) dan Pemasaran Langsung ( X5) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah penjualan pupuk (Y) pada CV. Adi Jaya Pujon - Malang Hubungan antara bauran promosi dengan peningkatan jumlah penjualan pupuk pada CV. Adi Jaya Pujon - Malang adalah sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,712 atau 71,20%. Biaya Biaya Promosi (X) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap jumlah penjualan pupuk (Y) dimana nilai F hitung sebesar 40,104 yang berarti lebih besar dari F tabel. pada taraf signifikan α = 5% sebesar 2,48. Variabel yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan adalah Penjualan Personal (X4) dengan nilai regresi 69,327. vii Dengan temuan yang didapatkan tersebut maka CV. Adi Jaya Pujon – Malang perlu mengurangi biaya bauran promosi yang kurang efektif dalam meningkatkan volume penjualan yaitu untuk Periklanan ( X 1) yang mana selama kurun waktu 3 tahun membutuhkan biaya yang sangat besar. Untuk variabel Penjualan Personal ( X4) perlu ditingkatkan dengan cara memperkecil biaya bauran promosi yang lainnya hal ini dikarena variabel Penjualan Personal ( X4) tersebut memberikan kontribusi dan pengaruh yang besar dalam penjualan pupuk pada perusahaan. Guna meningkatkan jumlah penjualan pupuk yang diproduksi maka CV. Adi Jaya Pujon - Malang harus lebih meningkatkan kerjasama dengan agen-agen yang ada diluar kota Malang, hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan cangkupan hubungan langsung dan mengetahui minat pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/25/050603456
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2008 10:55
Last Modified: 22 Oct 2021 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113036
[thumbnail of 050603456.pdf]
Preview
Text
050603456.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item