Upaya Pengembangan Produk Guna Mempertahankan Posisi Pasar : Studi Kasus pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang

JoniPriyambodo (2010) Upaya Pengembangan Produk Guna Mempertahankan Posisi Pasar : Studi Kasus pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan produk merupakan salah satu strategi produk yang dapat dipakai oleh perusahaan guna mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan menjaga kestabilan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan dan pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan produk perusahaan. Pengembangan produk inilah yang dilakukan oleh Perusahaan Indah Cemerlang Malang dengan menawarkan berbagai macam produk paving stone hasil pengembangan yang beragam dengan tujuan untuk mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan meningkatkan penjualannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aktifitas perusahaan yang akan dijadikan latar belakang untuk menetapkan kebijaksanaan di masa yang akan datang, terutama terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan produk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data penjualan dan data produksi paving stone, yang digunakan untuk menghitung besarnya kontribusi pengembangan produk terhadap penjualan. Peneliti juga menggunakan teknik analisis uji beda (t) untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata penjualan sebelum pengembangan produk dan sesudah pengembangan produk. Berdasarkan analisis uji beda (t) yang dilakukan oleh Perusahaan Indah Cemerlang Malang diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata penjualan antara sebelum pengembangan produk dan sesudah pengembangan produk. Hal ini ditunjukkan bahwa t sebesar – 4,7668 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata penjualan sebelum dan sesudah pengambangan produk. Sedangkan kontribusi pengembangan produk dalam setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan cukup berhasil dalam mempertahankan posisi pasar. Produk baru yang dimiliki perusahaan memberikan kontribusi yang cukup baik bagi peningkatan penjualan dan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Dengan demikian keberhasilan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan harus diikuti dengan peningkatan kualitas produk dan keaktifan perusahaan dalam mencari pasar baru untuk memperluas daerah pemasarannya dan pengembangan produk yang berhasil harusnya digunakan sebagai pertimbangan lebih lanjut dalam menganalisa pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2001/402/051003338
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2010 10:21
Last Modified: 22 Oct 2021 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113018
[thumbnail of 051003339.pdf]
Preview
Text
051003339.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item