Analisis Kedudukan Hukum Robo Advisors Dalam Transaksi Pasar Modal Di Indonesia (Studi Perbandingan Peraturan Kedudukan Hukum Robo Advisors Di Indonesia Dengan Di Amerika Serikat)

Danty, DeaNabila (2017) Analisis Kedudukan Hukum Robo Advisors Dalam Transaksi Pasar Modal Di Indonesia (Studi Perbandingan Peraturan Kedudukan Hukum Robo Advisors Di Indonesia Dengan Di Amerika Serikat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti mengangkat permasalahan kedudukan hukum Robo Advisors di dalam transaksi pasar modal di Indonesia. Pemilihan tema dalam skripsi ini karena adanya ketidak jelasan mengenai kedudukan hukum dan pengaturan dari Robo Advisors dalam transaksi pasar modal di Indonesia, penggunaan Robo Advisors ini telah digunakan oleh banyak investor di luar negeri sedangkan di Indonesia, Robo Advisors adalah suatu hal yang baru di dalam transaksi pasar modal di Indonesia. Kedudukan hukum dari Robo Advisors ini belum jelas dan belum diatur secara jelas di Indonesia, karena dalam hal ini Robo Advisors dikatakan sebagai Penasihat Investasi namun pada dasarnya Robo Advisors bekerja sebagai Manajer Investasi salah satu contohnya adalah mengolah dana nasabah atau investor dengan cara menjual-belikan saham secara otomatis. Berdasarkan pengaturan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal No. KEP-33/PM/1996 Tentang Perilaku yang dilarang bagi Penasihat Investasi di Indonesia, seorang Penasihat Investasi tidak dapat mengelola dana dari nasabah atau investor. Dimana di dalam hal ini penulis mencoba menjelaskan bagaimana kedudukan hukum dari Robo Advisors dalam transaksi pasar modal di Indonesia. Penelitian yang penulis teliti adalah yuridis normatif yang dimana penelitian ini memiliki focus untuk mengkaji peraturanperundang-undangan atau dokumen terkait, yang relevan untuk menjawab isu hukum dan melakukan kajian kepustakaan atau bahan sekunder berupa buku yang berkaitan dengan isu hukum mengenai pengaturan kedudukan hukum Robo Advisors di Indonesia.Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan Pendekatan komparatif (comparative approach). Perundang-undangan yang akan ditelaah adalah Pengaturan KeputusanKetuaBadanPengawasPasar Modal No. KEP-33/PM/1996 TentangPerilaku yang dilarangbagiPenasihatInvestasi di Indonesia, Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam Pendekatan Komparatif, penulis akan membandingkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal, Security and Exchange Commission act 1940 milik Negara Amerika Serikat. Dengan adanya kekosongan kedudukan hukum terkait pengaturan Robo Advisors dalam transaksi pasar modal di Indonesia maka dapat menimbulkan permasalahan dikemudian hari salah satunya yang akan berdampak kepada nasabah atau investor yang menggunakannya. Dengan dilakukannya penelitian ini, penulis berharap bahwa Robo Advisors dapat diatur secara khusus oleh Undang-undang Pasar Modal di Indonesia yang berlaku sebagai payung hukum bagi nasabah atau investor dan jika menghadapi sengketa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/81/051704266
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.09 Investment and negotiable instruments > 346.092 Investment
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 12 Jun 2017 13:21
Last Modified: 22 Oct 2021 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112988
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item