Implementasi Pasal 61 Huruf A Undangundang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Terkait Dengan Penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa. (Studi Di Desa Gajah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonego

IsomKamaluddin, Muhammad (2017) Implementasi Pasal 61 Huruf A Undangundang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Terkait Dengan Penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa. (Studi Di Desa Gajah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonego. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai pengawasan dan meminta keterangan Badan Permusyawaratan Desa terhadap Pemerintah Desa dalam penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ini menjelaskan mengenai bagaimana peran Badan Permusyawaratan Desa dalam mengawasi dan cara meminta keterangan dalam pelaksanaan Pemerintahan Desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, hal ini karena besarnya dana yang cukup besar kepada setiap desa yang disalurkan melalui Pemerintah Daerah yang penggunaanya apabila tidak diawasi akan sangat rawan dengan adanya penyelewengan dana. Berdasarkan hal tersebut diatas penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut : 1).Bagaimana Badan Permusyawaratan Desa dalam mengimplementasikan Pasal 61 huruf (a) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa terkait dengan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Gajah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro ? 2).Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dari Anggota Badan Permusyawaratan Desa Gajah dalam menerapkan Pasal 61 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan peran dari Badan Permusyawaratan Desa dalam mengawasi pelaksanaan Pemerintahan Desa serta menjelaskan upaya untuk meningkatkan kompetensi dari anggota Badan Permusyawaratan Desa di Desa Gajah Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, dengan mengunakan jenis data primer dan sekunder, serta teknik memperoleh data dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelakasanaan pengawasan yang dilakuakan oleh Badan Permusyawaratan Desa terhadap Pemerintah Desa masih belum maksimal karena masih banyak kendala-kendala yang dihadapi serta kompetensi yang dimiliki oleh anggota Badan Permusyawaratan Desa masih rendah. Untuk menghadapi kendala-kendala tersebut, Pemerintah Desa beserta dengan Badan Permusyawaratan Desa melakukan berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Anggota Badan Permusyawartan Desa di Desa Gajah Kecamatan Baureno Kabuaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/26/051702786
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:06
Last Modified: 22 Oct 2021 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112928
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi_fix.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi_fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Lampiran_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item