Azizy, Shibron Arby (2018) Penentuan Durasi Nyala Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Panjang Antrian Kendaraan Menggunakan Metode Backpropagation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lalu lintas merupakan salah satu lokasi dimana orang-orang menghabiskan waktunya. Saat ini dengan pertumbuhan kendaraan yang semakin pesat membuat kondisi lalu lintas di Indonesia semakin padat setiap harinya. Salah satu cara untuk menguraikan kepadatan lalu lintas adalah dengan adanya lampu lalu lintas. Namun, kinerja lampu lalu lintas saat ini dirasa kurang optimal dikarenakan penentuan durasi waktu lalu lintas yang masih statis berdasarkan waktu tertentu. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat menentukan waktu, sehingga waktu pada lampu lalu lintas dapat lebih dinamis berdasarkan kondisi lalu lintas. Penelitian ini mengunakan metode backpropagation untuk menentukan durasi nyala lampu lalu lintas berdasarkan panjang antrian kendaraan. Pada metode ini digunakan sebuah input layer, sebuah hidden layer, dan sebuah output layer. Hasil dari solusi diukur menggunkan rumus Root Means Square Error (RMSE). Data dibagi menjadi data latih dan data uji. Data latih dingunakan untuk melakukan pengujian. Hasil dari pengujian data latih didapatkah bahwa fungsi aktivasi yang cocok adalah fungsi Linear dengan a = 3, iterasi yang optimal didapatkan ketika iterasi 10, jumlah node pada hidden layer yang optimal adalah 2, dan nilai learning rate yang optimal adalah 0,02. Hasil evaluasi yang diperoleh ketika memproses data uji menggunakan fungsi aktivasi, jumlah iterasi, jumlah node pada hidden layer, dan nilai learning rate yang optimal menghasilkan nilai RMSE sebesar 0,090258.
English Abstract
Traffic is one location where people spend a lot of time. Currently with the rapid growth of vehicles makes conditions in Indonesia is getting crowded every day. One way to solve this problem is with traffic lights. However, the current traffic light performance is considered less than optimal. Therefore required a system that can determine the time, so the time at the traffic light can be more dynamic based on traffic conditions. This research uses backpropagation method to determine the duration of traffic lights based on queue lenght of vehicle. In this method is used an input layer, a hidden layer, and an output layer. The results of the solution are measured using the Root Means Square Error (RMSE). Data is divided into training data and test data. Training data is used to test. The result of the trained data test obtained is the Linear function with a = 3, the optimal iteration obtained at iteration 10, the optimal number of nodes in the hidden layer is 2, and the optimal value of learning rate is 0,02. The evaluation result when processing the test data using the optimal activation function, the optimal number of iterations, the optimal number of nodes in the hidden layer, and the optimal learning rate yields RMSE value of 0,0888978841028.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/194/051801216 |
Uncontrolled Keywords: | Lalu Lintas, Lampu Lalu Lintas, Penentuan, Backpropagation, RMSE |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 31 May 2018 03:51 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11291 |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (729kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (940kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VII.pdf Download (606kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |