Tanggung Jawab Negara Peluncur Atas Habisnya Masa Pakai (Lifetime) Satelit Yang Mengakibatkan Kerugian Terhadap Satelit Negara Lain

Prariani, Novita (2017) Tanggung Jawab Negara Peluncur Atas Habisnya Masa Pakai (Lifetime) Satelit Yang Mengakibatkan Kerugian Terhadap Satelit Negara Lain. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruang angkasa merupakan wilayah yang tidak dapat diklaim sebagai milik suatu negara saja, akan tetapi seluruh negara yang berpartisipasi dalam kegiatan keruang angkasaan wajib untuk menjaga keamanan dan ketertiban di ruang angkasa. Setiap kegiatan yang dilakukan di ruang angkasa harus mempunyai tujuan damai. Akibat dari semakin meningkatnya kegiatan Negara-negara yang melibatkan ruang angkasa ini menyebabkan timbulnya masalah-masalah hukum. Banyaknya satelit buatan manusia di ruang angkasa yang telah habis masa pakainya, menjadi penyebab terjadinya kecelakaan atau tabrakan antara satu objek dengan lainnya. Seusai yang diatur dalam perjanjian-perjanjian internasional, yang berkaitan tentang kegiatan ruang angkasa beserta tanggung jawabnya dan seluruh Negara peluncur harus bertanggungjawab jika satelit miliknya yang telah habis masa pakai mengakibatkan kerugian bagi Negara lain baik itu secara langsung maupun tidak. Dalam penelitian ini peneliti ingin menganalisa mengenai tanggung jawab Negara peluncur yang satelitnya telah kehabisan masa pakai dan menyebabkan kerugian bagi Negara lain. Selain itu peneliti juga ingin meneliti mengenai upaya yang dapat dilakukan Negara kolong yang mengalami kerugian. Peneliti menggunakan metode yuridis normatif dan pendekatan kasus dan pendekatan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Negara yang melakukan kegiatan ruang angkasa harus tunduk pada regulasi-regulasi internasional. Dalam kegiatan ruang angkasa yang mengakibatkan kerusakan atau kerugian diperlukan suatu regulasi internasional yang mengatur lebih rinci mengenai pertanggungjawaban suatu Negara apabila masa pakai satelitnya telah habis dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan di ruang angkasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/1/051701745
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Feb 2017 09:07
Last Modified: 22 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112897
[thumbnail of Skripsi-Novita-Prariani.pdf]
Preview
Text
Skripsi-Novita-Prariani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item