Kusumapamungkas, Prawatiya (2016) Hambatan Pelaksanaan Surat Edaran Pt. Bank Rakyat Indonesia No.S.12–Dir/Adk/05/2013 Tentang Ketentuan Restrukturisasi Kredit Mengenai Restrukturisasi Kredit Modal Kerja Bank. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini didasarkan karena modal pendirian usaha para pelaku usaha banyak melakukan pengambilan kredit modal kerja kepada lembaga perbankan yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia kantor Cabang Malang Martadinata. Dalam pelaksanaan usaha debitur tidak jarang pula menjumpai beberapa kendala sehingga menyebabkan timbulnya kesulitan dalam pembayaran pinjaman pokok dan bunga kredit kepada bank, untuk itu pihak bank atau kreditur melaksanakan restrukturisasi kredit demi meningkatkan kualitas kredit debitur. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Berdasarkan hal tersebut di atas skripsi ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa hambatan pelaksanaan Surat Edaran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No.S.12-DIR/ADK/05/2013 tentang ketentuan restrukturisasi kredit mengenai restrukturisasi kredit modal kerja bank di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Martadinata? (2) Apa upaya untuk mengatasi hambatan pelaksanaan Surat Edaran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No.S.12-DIR/ADK/05/2013 tentang ketentuan restrukturisasi kredit mengenai restrukturisasi kredit modal kerja bank di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Martadinata?.Penulis melakukan observasi langsung dengan objek penelitian kemudian dilakukan pendekatan dengan metode yuridis sosiologis dengan usaha menganalisis masalah yang di teliti dengan hukum dalam kenyataan. Dari hasil penelitian dan analisis sesuai dengan metode di atas, maka penulis memperoleh hasil penelitian dan jawaban dari rumusan masalah Hambatan pelaksanaan restrukturisasi kredit tersebut ditemukan pada setiap tahapan pelaksanaan restrukturisasi kredit. Urutan tahapan-tahapan pelaksanaan restrukturisasi kredit yaitu prakarsa restrukturisasi kredit, negosiasi dengan debitur yang didokumentasikan, analisis dan evaluasi, putusan restrukturisasi, dokumentasi restrukturisasi, dan pengawasan. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut, PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Martadinata melakukan pelaksanaan restrukturisasi kredit dengan 8 (delapan) jenis cara. Penulis merasa terdapat hambatan dalam pelaksanaan restrukturisasi kredit modal kerja dengan adanya bukti laporan pada tahun 2014 oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Martadinata terdapat 53 (lima puluh tiga) kasus kredit bermasalah dan yang berhasil direstrukturisasi berjumlah 34 (tiga puluh empat) sedangkan 19 (sembilan belas) dilakukan penyelesaian kredit. Disamping itu PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Martadinata dengan tegas menerapkan Surat Edaran PT. Bank Rakyat Indonesia No.S.12-DIR/ADK/05/2013 kepada debitur yang dimana pelaksanaan restrukturisasi kredit tidak dapat dijalankan apabila dari xii pihak debitur sendiri tidak menunjukkan itikad baik terhadap bank untuk melancarkan pelaksanaan restrukturisasi kreditnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dalam pelaksanaan Surat Edaran PT. Bank Rakyat Indonesia No.S.12-DIR/ADK/05/203 Tentang Ketentuan Restrukturisasi Kredit pada pelaksanaan restrukturisasi kredit modal kerja bank masih ditemukan debitur tidak dapat diajak bekerja sama secara kooperatif, penempatan kredit modal kerja tidak sesuai dengan isi perjanjian kredit yang telah disepakati, dan seringkali kerap mengabaikan kelengkapan syarat administrasi yang harus dilengkapi untuk efektifitas waktu pelaksanaan restrukturisasi kredit. Dari pihak bank sendiri hambatan yang ditemui adalah AO selaku pejabat kredit lini tidak menerapkan dengan baik ketentuan restrukturisasi kredit dalam tugas dan tanggung jawabnya dalam melakukan analisis, evaluasi, serta pengawasan terhadap perkembangan usaha debitur. Upaya yang dilakukan oleh pihak bank untuk mengatasi kendala tersebut dapat terlaksana dengan baik sehingga pelaksanaan restrukturisasi kredit rata-rata berhasil dilakukan.
English Abstract
The background of this thesis is based because of the capital business start with do a lot of capital lines of loan to banking institutions, namely PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch office Martadinata. In the implementation of the debtors business is not infrequently encountered some obstacles that cause difficulties in the payment of principal and interest loans to banks, to the bank or credit creditor restructuring in order to improve the credit’s quality of debtor. Based on the above raised the problem formulation of this thesis: (1) What are the implementation constraint of the form letter issued by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No.S.12-DIR / ADK / 05/2013 in regard with the loan restructurization on bank capital loan restructuring in PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch office Martadinata? (2) Any attempt to overcome implementation constraint of the form letter issued by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No.S.12-DIR / ADK / 05/2013 in regard with the loan restructurization on bank capital loan restructuring in PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch office Martadinata?. Writing of this method juridical empirical legal research with a sociological juridical approach. Writers direct observation with the object of research and then conducted a sociological approach to the juridical methods to analyze business problems meticulous with the law in reality. From the results of research and analysis in accordance with the above method, the authors obtain answers from the results of research and formulation of the problem that has been raised, namely the implementation constraint of the form letter issued by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk No.S.12-DIR / ADK / 05/2013 in PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch Office Martadinata Barriers to implementation of the debt restructuring is found in every phase of the debt restructuring. The order of the stages of the implementation of the debt restructuring that debt restructuring initiatives, negotiations with the debtor documented, analysis and evaluation, restructuring decision, the restructuring documentation, and monitoring. Efforts to overcome these obstacles, PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch office Martadinata do the restructurization of credit with eight (8) types of ways. The author feels there are obstacles in the implementation of the capital loans restructuring with evidence of a report in 2014 by PT. Bank Rakyat Indonesia Malang Branch Office Martadinata there are 53 (fifty three) Non Performing Loan case and rescued amounted to 34 (thirty four) while the rest 19 (nineteen) do credit settlement. In addition, PT. Bank Rakyat Indonesia Branch Malang Martadinata firmly implement Circular PT. Bank Rakyat Indonesia No.S.12-DIR / ADK / 05/2013 to debtors where the implementation of xiv the debt restructuring can not be executed if from the debtor itself does not show good faith to the bank to accelerate the implementation of the restructuring credit. The conclusion from this research that in the implementation of Circular PT. Bank Rakyat Indonesia No.S.12-DIR / ADK / 05/203 On Credit Restructuring Provisions on the implementation of the restructuring of working capital loans of banks still found the debtor can not be invited to work together cooperatively, working capital credit placement is not in accordance with the content of credit agreements that have been agreed, and frequently often ignore the completeness of administrative requirements that must be completed to the effective time of the debt restructuring. Of the banks own constraints encountered are credit lines AO as officials do not implement properly the provisions of debt restructuring in the duties and responsibilities in conducting the analysis, evaluation, and supervision of the debtors business development. Efforts made by the bank to overcome these obstacles can be implemented properly so that implementation of the restructuring of the average loan is successful.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2016/77/ 051604480 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 12 May 2016 15:17 |
Last Modified: | 12 May 2016 15:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |