Efektivitas Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali

Adhyaksana, Ketut (2016) Efektivitas Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Efektivitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya satu dinas yang menaungi beberapa bidang. Yakni Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Jembrana Bali. Pada pelaksanaan dinas ini peneliti rasa memiliki beban yang terialu banyak yang akan berdampak pada pelaksanaan yang efektif ataupun tidak. Pada dasarnya, dinas yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas hanya menaungi satu bidang namun di Kabupaten Jembrana Bali ini salah satu dinas menaungi lebih dan satu bidang. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah (1) Bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali? (2) Apa kendala pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali? (3) Apa upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jembrana Bali dengan alasan bahwa dinas yang ada di daerah tersebut menanungi lebih dari satu dinas yang mana akan berdampak pada keefektifan dari pelaksanaan tugas dinas. Bahan data primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis rnelalui wawancara yang dilakukan dengan Kepala dinas pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali akan diolah dan dianalisis dengan teori-teori terkait yang berkaitan dengan teori efektifitas. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa problematika mengenai efektifitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Bali dinilai peneliti tidak efektif. Hal ini dapat dilihat dengan terbengkalainya penurusan bidang pariwisata yang ada. Adapun kendala yang dihadapi oleh dinas terkait yang bisa menyebabkan pelaksanaan tugas dan fungsi dinas tidak efektif adalah faktor masyarakat, infrastruktur jalan, kemacetan dan dana. Dalam menghadapi permasalahan yang ada, dinas melakukan upaya aykni dengan Ekspose pariwisata melalui sosial media, Bekerjasama dengan pihak luar, Pengumpulan dana, Sosialisasi masyarakat, Pengerucutan tugas dinas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/386/051704323
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Jun 2017 08:53
Last Modified: 22 Oct 2021 05:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112810
[thumbnail of File_tidak_ada_sesuai_dengan_aslinya.pdf]
Preview
Text
File_tidak_ada_sesuai_dengan_aslinya.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item