Perlindungan Hukum Terhadap Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Dari Kegiatan Eksploitasi Lingkungan Berdasarkan Prinsip Berkelanjutan Ekologi (Studi Kasus Pulau Sempu Kabupaten Malang)

Habibi, Muhammad (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Dari Kegiatan Eksploitasi Lingkungan Berdasarkan Prinsip Berkelanjutan Ekologi (Studi Kasus Pulau Sempu Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat judul ini dilatar belakangi oleh kawasan pesisir pulau sempu yang merupakan salah satu kawasan cagar alam di kabupaten malang, akan tetapi beberapa tahun terakhir menghadapi permasalahan pengelolaan dan perlindungan karena terdapat kegiatan eksploitasi kegiatan wisata dimana hal itu bertentangan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau kecil dengan prinsip Sustuinable Development Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dan jenis penelitian yaitu yuridis empiris. Bahan hukum primer dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analysis dan bahan hukum sekunder menggunakan teknik analisis content analysis. Sebagai populasi yaitu Kepala kantor Balai Koservasi Sumber Daya Alam di Sendang Biru. Teknik pengumpulan data primer yaitu dengan wawancara dan data sekunder dengan wawancara dan data sekunder dengan dokumentasi dan inventarisasi. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa berdasarkan undang-undang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Bahwa pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau kecil mengakomodir prinsip Pembangunan Berkelanjutan, akan tetapi Berbagai upaya telah dilakukan oleh BBKSDA dan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, namun dalam melakukan upaya-upaya tersebut tentu tidak lepas dari adanya hambatan, yakni kurangnya sosialisasi baik dalam pemerintahan daerah itu sendiri ataupun pada masyarakat, kuranganya sumber daya manusia yang kompeten dalam perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu, dan kuranganya rasa tanggung jawab pada setiap masyarakat yang ada di wilayah pulau sempu dimana masih banyaknya wisatawan yang membuang sampah sembarangan dan meninggalkannya sampah dikawasan cagar alam yang mengakibatkan Cagar Alam Pulau Sempu tidak menjalankan Prinsip Keberlanjutan Ekologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/368/051702640
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Mar 2017 15:09
Last Modified: 22 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112789
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item