Efektivitas Biaya Lingkungan Dalam Upaya Meminimalkan Pencemaran Lingkungan (Studi Pada Pg Gempolkrep Mojokerto Periode 2013-2015)

Irawan, Aditya (2016) Efektivitas Biaya Lingkungan Dalam Upaya Meminimalkan Pencemaran Lingkungan (Studi Pada Pg Gempolkrep Mojokerto Periode 2013-2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan lingkungan semakin banyak terjadi di seluruh dunia. Permasalahan lingkungan tersebut yaitu pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan disebabkan oleh aktivitas alam dan aktivitas manusia. Salah satu aktivitas manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan adalah kegiatan industri. Kegiatan industri menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan. Perusahaan industri harus melakukan pengelolaan limbah sebelum dibuang di lingkungan sekitar. Pengelolaan limbah membutuhkan alokasi dana yang disebut dengan biaya lingkungan. Tujuan penerapan biaya lingkungan adalah untuk mendanai pengelolaan limbah agar memenuhi standar baku mutu limbah yang telah ditetapkan pemerintah. Biaya lingkungan dinilai dengan konsep efisiensi dan efektivitas. Efisiensi biaya lingkungan diukur dari keuntungan lingkungan dan biaya lingkungan. Sedangkan efektivitas biaya lingkungan diukur dengan melihat biaya lingkungan yang telah dikeluarkan dengan hasil uji lab limbah PG Gempolkrep. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui biaya lingkungan yang ada di PG Gempolkrep serta menilai efisiensi dan efektivitas biaya lingkungan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang didapatkan dari PG Gempolkrep. Hasil analisis data yaitu menunjukkan bahwa biaya lingkungan PG Gempolkrep Mojokerto belum mencapai efisiensi pada periode 2013 sampai 2015. Namun, biaya lingkungan PG Gempolkrep Mojokerto telah efektif karena semua parameter limbah pada periode 2013 sampai 2015 telah memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/309/051612046
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Nov 2016 13:16
Last Modified: 20 May 2022 01:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112727
[thumbnail of (JURNAL)_EFEKTIVITAS_BIAYA_LINGKUNGAN_DALAM_UPAYA_MEMINIMALK.pdf]
Preview
Text
(JURNAL)_EFEKTIVITAS_BIAYA_LINGKUNGAN_DALAM_UPAYA_MEMINIMALK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 000000.pdf]
Preview
Text
000000.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item