Perlindungan Hukum Terhadap Tahura R. Soerjo Beserta Konservasi Sumber Daya Alamnya (Studi Di Upt Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo)

Wibowo, Putra (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Tahura R. Soerjo Beserta Konservasi Sumber Daya Alamnya (Studi Di Upt Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penulisan ini penulis mengangkat topic tentang perlindungan hukum yang dilakukan oleh Tahura R. Soerjo untuk melindungi kelestarian alamnya dari tindak kejahatan kehutanan dan konservasi sumber daya alamnya yang masih sering terjadi di kawasan Tahura R, Soerjo. Berdasarkan hal tersebut di atas maka penulis dapat merumuskan masalah: (1) Bagaimana perlindungan hukum yang dilakukan oleh UPT Tahura R. Soerjo terhadap konservasi sumber daya alamnya? (2) apa faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan perlindungan hukum terhadap Tahura R. Soerjo beserta konservasi sumber daya alamny? Dari hasil penelitian yang penulis dapat mendapatkan hasil bahwa perlindungan hukum yang dilakukan oleh Tahura R. Soerjo sudah berjalan sesuai dengan program atau tugas pokok dan fungsi yang ada yang meliputi melakukan kegiatan operasi rutin, operasi gabungan, penyuluhan kehutanan, pemberdayaan masyarakat daerah penyangga. Program atau kegiatan yang dilakukan oleh Tahura R. Soerjo dalam melindungi kelestarian alamnya berupa perlindungan hukum preventif yang meliputi sosialisasi tentang kehutanan serta dasar hukumnya, pemberdayaan masyarakat desa penyangga, pembinaan habitat, pengayaan tanaman untuk diganti yang baru agar kawasan tetap lestari. Kegiatan perlindungan hukum represif berupa operasi rutin yang dilakukan oleh petugas pengaman hutan (PAMHUT) yang jadwalnya tidak dapat ditentukan, serta operasi gabungan yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum yang berwenang. Tahura R. Soerjo dalam melindungi kawasannya agar tetap lestari terdaoat faktor pengahambat dan pendukung. Faktor penghambatnya berupa sumber daya manusia di bidang atau bagian pengawasan hutan (PAMHUT) serta tidak adanya kewenangan dalam penyidikan jika ditemukan kasus pelanggaran hutan karena Tahura R. Soerjo tidak memiliki pejabat PPNS, sedangkan faktor pendukungnya berupa Tahura dapat bekerja sama dengan masyarakat desa penyanhgga dalam melindungi kawasannya berupa bekerjasama dengan pemerintah desa penyangga, serta dapat melakukan sosialisasi, pemberdayaan masyarakat yang dapat mendatangkan nilai rupiah bagi penduduk sekitar wilayah Tahura R. Soerjo karena mendapat sumbangan berupa alat pertanian serta bibit-bibit yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/293/051611927
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Nov 2016 11:48
Last Modified: 19 May 2022 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112709
[thumbnail of SKRIPSI_PUTRA_WIBOWO.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PUTRA_WIBOWO.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item