Implementasi Pasal 160 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara Terkait Penggalian Fossil Basaltic Glass (Studi Kasus Di Kabupaten Lumajang),

Husada, Vikram Surya (2016) Implementasi Pasal 160 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara Terkait Penggalian Fossil Basaltic Glass (Studi Kasus Di Kabupaten Lumajang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat tentang permasalahan tentang Implementasi Pasal 160 ayat (1) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara Terkait Penggalian Fossil Basaltic Glass (Studi di Kabupaten Lumajang). Penulis mengangkat tentang penggalian fossil Basaltic Glass dilatar belakangi banyaknya terjadi penambangan secara illegal di Kabupaten Lumajang. Penambangan illegal Fossil Basaltic Glass telah merusak lingkungan di lahan Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang sehingga rel untuk kereta tebu sampai putus dan menimbulkan bekas galian. Fossil Basaltic Glass sendiri hanya terdapat di Kabupaten Lumajang dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Karena ketersediaan bahan yang juga terbatas, maka dari itu harus dijaga kelestariannya dengan cara menegakkan hukum dengan baik dan benar. Batuan sendiri merupakan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui. Selain itu, penggalian yang berlebihan juga akan merusak lingkungan sekitar seperti buruknya kualitas air tanah yang berada di sekitaran lokasi pertambangan. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan deskriptif. Penulis mengangkat rumusan masalah yaitu mengapa aparat penegak hukum tidak melakukan tindakan hukum kepada para penambang yang tidak mempunyai izin dan bagaimana upaya penanggulangan penambangan tanpa izin fossil Basaltic glass yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka penulis mendapatkan jawaban atas masalah-masalah yang penulis angkat dan tindakan seperti apa yang telah dilakukan oleh aparat penegak hukum yaitu Polsek Jatiroto. Upaya-upaya telah dilakukan oleh Polsek Jatiroto untuk menertibkan para penambang illegal. Selain itu, pihak Polsek Jatiroto harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait yaitu Pabrik Gula Jatiroto dan juga Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang untuk menangani kasus ini agar para penambang mematuhi aturan yang ada dan juga kelestarian lingkungan tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/282/051611695
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2016 11:56
Last Modified: 19 May 2022 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112697
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item