Efektivitas Pasal 5 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Terkait Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) (Studi di Dinas Pendidikan Kota Malang)

Ridla, Ilmas Shauqi (2016) Efektivitas Pasal 5 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Terkait Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) (Studi di Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat terkait tentang efektivitas dalam mengembangkan kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai mana diatur dalam pasal 5 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Peraturan tersebut dikeluarkan karena semakin banyaknya tindak kekerasan pada anak yang terjadi disekolah-sekolah, sehingga membuat sekolah sudah tidak ramah lagi pada anak. Tentunya hal tesebut dapat membuat anak menjadi tidak nyaman pada saat berada disekolah untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya adalah (1) bagaimana efektivitas persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan didalam mengembangkan kebijakan sekolah ramah anak di Kota Malang? (2) apa hambatan serta solusi didalam persiapan, perencanaan dan pelaksanaan dalam mengembangkan kebijakan sekolah ramah anak di Kota Malang? Kemudian jenis penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatannya adalah yuridis sosiologis. Lokasi penelitian di Dinas Pendidikan Kota Malang. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan studi internet. Teknik analisa menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis mendapat jawaban atas rumusan masalah yang ada bahwa pelaksanaan pasal 5 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No.8 Tahun 2014 tidak efektif. Hal ini dikarenakan masih banyak sekolah-sekolah yang belum mampu melaksanakan berbagai program mengenai sekolah ramah anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/280/051611693
Subjects: 300 Social sciences > 344 Labor, social service, education, cultural law > 344.07 Education
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2016 11:47
Last Modified: 19 May 2022 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112695
[thumbnail of Publication2.pdf]
Preview
Text
Publication2.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item