Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Kekerasan Seksual ( Studi Di Polres Kabupaten Magetan )

Faradipta, Lizza (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Kekerasan Seksual ( Studi Di Polres Kabupaten Magetan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi inibertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, menganalisis, mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan seksual dan kendala yang dihadapi oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) di Kabupaten Magetan.Pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mempunyai tujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia tanpa terkecuali. Hal yang sangat penting adalah mengenai kewajiban pemerintah untuk menghormati, melindungi, menegakkan dan memajukan HAM yang dimiliki oleh seorang anak telah diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hukum internasional, sehingga dibuatlah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Jucto Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban Juncto Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban yang mengatur bentuk perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual. Penulis menganalisis bentuk perlindungan hukum yang telah diberikan oleh Unit PPA Polres Kabupaten Magetan terhadap pemenuhan hak anak sebagai korban kekerasan seksual dalam pemberian perlindungan hukum berdasarkan Undang- Undang positif yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hal di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan seksual oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) di Kabupaten Magetan? Dan Apa saja kendala yang dihadapi oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) sebagai penyidik dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan seksual?Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Analisis bahan hukum pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu cara penelitian yang menggunakan dan menghasilkan data deskriptif analisis. Hasil penelitian adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap hak anak korban kekerasan seksual dan kendala yang dihadapi oleh Unit PPA dalam memberikan perlindungan hukum tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/274/051611587
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.7 Young people > 362.76 Abused and neglected young people
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:49
Last Modified: 19 May 2022 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112687
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item