Disparitas Putusan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Penjara Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Yang Dilakukan Terhadap Anak

Hidayat, Ophie Rosaria (2016) Disparitas Putusan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Penjara Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Yang Dilakukan Terhadap Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan disparitas putusan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap pelaku tindak pidana pencabulan yang dilakukan terhadap anak. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya perbedaan 6 (enam) putusan sanksi pemidanaan terhadap kasus tindak pidana pencabulan terhadap anak. Sehingga penulis mengangkat pernasalahan disparitas pemidanaan karena adanya putusan yang berbeda-beda pada tindak pidana yang sama. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa penyebab adanya disparitas putusan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap pelaku tindak pidana pencabulan yang dilakukan terhadap anak? (2) Bagaimana penanggulangan adanya disparitas putusan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap pelaku tindak pidana pencabulan yang dilakukan terhadap anak pada masa yang akan datang? Kemudian penulis karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Bahan hukum primer dan sekunder yang akan dianalisis penulis dengan menggunakan teknik analisis melalui interpretasi atau penafsiran sistematis penafsiran undangundang sebagai bagian dari keseluruhan sistem perundang-undangan dengan jalan menghubungkan pasal atau undang-undang yang lain. dan interpretasi gramatikal dengan memberikan makna atau penjelasan terhadap suatu objek dengan cara menguraikannya dengan tata bahasa. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa penyebab adanya disparitas putusan hakim terhadap pelaku tindak pidana pencabulan yang dilakukan terhadap anak meliputi faktor yang timbul dari hukum itu sendiri yaitu dari peraturan perundangundangan, faktor tidak adanya pedoman pemidanaan bagi hakim, faktor yang timbul dari diri hakim dan, faktor yang timbul dari diri terdakwa meliputi penjelasan-penjelasan terdakwa pada saat pemeriksaan sidang pengadilan. Sedangkan penanggulangan disparitas putusan hakim terhadap tindak pidana pencabulan pada masa yang akan datang yaitu dengan mengurangi jarak minimum ke maksimum pemidanaan yang terpaut sangat jauh dapat meminimalisir adanya disparitas pidana, pemberian batas minimum pemidanaan yang tinggi juga dapat meminimalisir disparitas sekaligus juga dapat mengurangi tindak piana pencabulan anak, dan yang terakhir diberikan suatu pedoman pemidanaan sebagai pengendali atau kontrol bagi hakim agar dalam penjatuhkan putusan lebih jelas dan terarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/270/051611583
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:19
Last Modified: 19 May 2022 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112683
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_skripsi.pdf]
Preview
Text
jurnal_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item