Dewi, Anisa Komala (2016) Kajian Yuridis Pengaturan Standar Etik Reklame Dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam skripsi ini penulis ingin meneliti mengenai pengaturan standar etik reklame yang terdapat di kota Malang. Standar etik merupakan hal yang sangat penting karena standar etik merupakan batasan bagi masyarakat dalam melakukan penyelenggaraan reklame, standar etik yang dimaksud terdapat pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame. Permasalahan terjadi ketika penyelenggaraan reklame di Kota Malang tidak sesuai dengan aturan mengenai standar etik yang terdapat dalam peraturan daerah tersebut. Nyatanya beberapa reklame belum sesuai dengan aturan penyelenggaraan reklame, sehingga terjadi kekaburan hukum pada peraturan daerah ini. Pada peraturan daerah ini juga peneliti melihat bahwa terdapat kurangnya pemahaman dari masyarakat mengenai norma kesopanan yang ada didalam standar etik reklame. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa perlunya (2) Bagaimana hubungan antara standar etik reklame terkait dengan norma kesopanan ? Kemudian penulis menggunakan metode yuridis normatif yaitu dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya mengenai standar etik reklame dalam penyelenggaraan reklame dengan pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan analitis (analytical approach) dan pendekatan historis (historical approach). Bahan hukum primer berupa peraturan perundangundangan dan bahan hukum sekunder diperoleh dari segala referensi yang mendukung dan memperjelas bahan hukum primer diatas seperti buku-buku, internet dan lainnya. Lalu bahan hukum tersier berupa petunjuk atau penjelasan bermakna terhadap bahan hukum primer dan sekunder seperti kamus hukum dan seperti kamus besar bahasa Indonesia. Hasil dari metode penelitian diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam mengingat kedudukan dari standar etik dalam Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Reklame sehingga seharusnya masyarakat lebih memperhatikan nilai-nilai dan norma yang ada pada daerah Kota Malang dan juga disini penulis melihat tentang perlunya standar etik , lalu penulis juga memperoleh jawaban atas hubungan antara standar etik reklame dengan norma kesopanan sebagai bentuk dari penyelenggaraan reklame sehingga dapat tercipta suatu aturan yang viii pada nantinya tidak terjadi kekaburan hukum lagi karena sebaik-baiknya peraturan harus bisa atau dapat dipahami oleh masyarakat. Sehingga dalam pemberlakuannya peraturan daerah dapat sesuai dengan yang pemerintah inginkan. Kesimpulan dari pembahasan tersebut diatas adalah bahwa peran dari Pemerintah Daerah Kota Malang memang sangat berpengaruh sekali karena pemerintahlah yang membuat peraturan tentang penyelenggaraan reklame, sehingga jika dalam peraturan daerah tersebut belum dapat dipahami oleh masyarakatnya maka akan berdampak pada peraturan daerah itu sendiri akan memicu adanya kekaburan hukum. Lalu, hubungan antara standar etik reklame dengan norma kesopanan sebenarnya terlihat jelas karena baik standar etik maupun norma kesopanan sama-sama membahas tentang pola perilaku masyarakat dimana dalam penyelenggaraan reklame, masyarakat harus mengetahui batasan-batasan yang harus di patuhi dalam penyelenggaraan reklame.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2016/253/051611566 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 14:03 |
Last Modified: | 19 May 2022 01:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112664 |
Preview |
Text
PDF_ANISA_KOMALA_DEWI_125010101111002.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |