Pelaksanaan Kebijakan Terkait Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Instansi Pemerintah di Kota Probolinggo (studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Probolinggo)

Shobah, Nida Nuris (2016) Pelaksanaan Kebijakan Terkait Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Instansi Pemerintah di Kota Probolinggo (studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis ingin meneliti mengenai pelaksanaan kebijakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah Kota Probolinggo. Pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah menggunakan 2 kebijakan yaitu Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah. Dalam kenyataan di lapangan masih terdapat instansi yang tidak melaksanakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi ini sesuai dengan kebijakan atau peraturan yang ada. Di Kota Probolinggo telah melakukan 2 kali seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pada tahun 2015 dan 2016. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian ini di Kota Probolinggo. Berdasarkan latar belakang itulah penulis ingin mengetahui pelaksanaan kebijakan terkait seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah di Kota Probolinggo dan hambatan dan solusi dalam pelaksanaan kebijakan terkait seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah di Kota Probolinggo. Dalam upaya mengetahui proses pelaksanaan kebijakan terkait seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah Kota Probolinggo dan hambatan dan upaya dalam pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di Kota Probolinggo maka metode penelitian yang dipakai adalah yuridis empiris, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta empiris secara obyektif. Kemudian, seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa proses pelaksanaan kebijakan terkait seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah Kota Probolinggo sudah sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan proses pelaksanaan seleksi terbuka yang dilakukan BKD Kota Probolinggo sudah sesuai dengan yang ada di Peraturan Perundang-undangan. Selain itu juga hambatan dan solusi dalam pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah di dominasi oleh masalah keterbatasan waktu, anggaran dan pemikiran masyarakat tentang seleksi terbuka ini. Menyikapi fakta-fakta dilapangan, maka perlu kiranya BKD Kota Probolinggo melakukan sosialisasi tentang seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi ini kepada para pegawai di lingkungan instansi pemerintah Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/248/051611561
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:19
Last Modified: 19 May 2022 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112658
[thumbnail of SKRIPSI_Nida_Nuris_Shobah_(125010100111035).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Nida_Nuris_Shobah_(125010100111035).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item