Optimalisasi Pelaksanaan Pasal 5 Peraturan Walikota Kediri Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Bergulir Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah

Silfiana, TrisnaUmi (2016) Optimalisasi Pelaksanaan Pasal 5 Peraturan Walikota Kediri Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Bergulir Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis membahas tentang optimalisasi pelaksanaan program pemberdayaan Koperasi dan UMKM khususnya bagi usaha mikro yang dilaksanakan oleh dinas koperasi dan UMKM Kota Kediri. Pemilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh partisipasi pelaku usaha yang mengakses permodalan di dinas koperasi dan UMKM Kota Kediri sangat rendah. Sejak tahun 2012 hingga sekarang masih belum ada pelaku usah mikro yang mengakses permodalan untuk penguatan modal usahanya. Berdasarkan hal tersebut diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah Optimalisasi Pelaksanaan Pasal 5 Peraturan Walikota Kediri Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Bergulir Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Kediri Terkait Program Pemberdayaan Usaha Mikro?, 2) Apa kendala yang dihadapi dan bagaimana Upaya untuk mengatasi masalah dalam melaksanakan Pasal 5 Peraturan Walikota Kediri Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Bergulir Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Kediri Terkait Program Pemberdayaan Usaha Mikro? Kemudian penulis penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Ada 2 (dua) jenis sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan penyebaran kuisoner, sedangkan data sekunder menggunakan studi kepustakaan , dokumen dan internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis adalah bahwa pelaksanaan program pemberdayaan koperasi dan UMKM oleh dinas koperasi dan UMKM Kota Kediri belum optimal. Penulis menggunakan 5 (lima) elemen yaitu Substansi di lihat dari peraturan perundang-undangan, penegak hukum dilihat dari pejabat dinas koperasi dan UMKM, sarana dan fasilitas dilihat dari asset yang dimiliki, masyarakat dilihat dari peserta program dan pelaku usaha mikro dan kebudayaan dilihat dari kebiasaan masyarakat atas pelaksanaan hukum yang berlaku. Dilihat dari 5 (lima) elemen tersebut dapat dikatakan bahwa dalam pelaksanaan program pemberdayaan koperasi dan UMKM di Kota Kediri berdasarkan Peraturan Walikota Kediri Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Dana Bergulir Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Kediri Terkait Program Pemberdayaan Usaha Mikro xi belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal karena ada beberapa kendala yang dihadapi oleh dinas koperasi dan UMKM maupun peserta program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/242/051611555
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:50
Last Modified: 19 May 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112652
[thumbnail of TRISNA_UMI_SILFIANA.pdf]
Preview
Text
TRISNA_UMI_SILFIANA.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item