Kajian Yuridis Pasal 43 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia Ad Hoc Dalam Kasus Penculikan Aktivis 1997/1998,

Jati, Satya Kumara (2016) Kajian Yuridis Pasal 43 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia Ad Hoc Dalam Kasus Penculikan Aktivis 1997/1998,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, peneliti mengangkat permasalahan hukum tentang pembentukan Pengadilan Hak Asasi Manusia ad hoc dalam Pasal 43 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia. Pengadilan Hak Asasi Manusia ad hoc memeriksa dan memutus perkara pelanggaran Hak Asasi Manusia yang berat yang terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000, tetapi dalam proses pembentukan Pengadilan HAMad hoc tersebut tidak terdapat mekanisme yang jelas, apakah terbentuk sebelum dilakukanya penyelidikan oleh Komnas HAM atau setelah dilakukan penyelidikan oleh Komnas HAM dan penyidikan oleh Jaksa Agung. Skripsi ini mengangkat rumusan masalah: Apakah pembentukan Pengadilan HAM ad hoc dalam Pasal 43 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 dilakukan setelah atau sebelum adanya penyelidikan dari Komnas HAM? Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach), dan pendekatan kasus (Case Approach). Bahan hukum primer,dan sekunder, yang diperoleh peneliti akan dianalisis dengan menggunakan teknik penafsiran gramatikal. Hasil dari penelitian ini adalah Pengadilan HAM ad hoc merupakan Pengadilan yang memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM yang berat masa lalu yang didahului dengan proses penyelidikan oleh Komnas HAM kemudian hasil penyelidikan tersebut diserahkan kepada Jaksa Agung untuk proses penyidikan. Setelah terdapat bukti yang cukup telah terjadi pelanggaran HAM yang berat masa lalu hasil penyidikan diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia untuk memberisul kepada Presiden agar mengeluarkan Keputusan Presiden Tentang Pembentukan Pengadilan HAM ad hoc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/241/051611554
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Nov 2016 15:40
Last Modified: 19 May 2022 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112651
[thumbnail of Halaman_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Halaman_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_print.pdf]
Preview
Text
skripsi_print.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Artikel_ilmiah.pdf]
Preview
Text
Artikel_ilmiah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of revisi_cover.pdf]
Preview
Text
revisi_cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item