Permata, Rio (2016) Implementasi Pasal 8 Ayat 1 Huruf (F) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Informasi Yang Tidak Benar Dalam Brosur Pemasaran Perumahan (Studi Di Pt.Mag Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tentang pelaksanaan Pasal 8 Ayat 1 Huruf (f) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang melarang pelaku usaha untuk tidak memasarkan barang yang tidak sesuai dengan isi brosur. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ketidak sesuaian brosur pemasaran perumahan dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga informasi yang tidak benar dalam brosur tersebut membuat konsumen menjadi dirugikan. Berdasarkan hal tersebut penulis membuat perumusan masalah: (1). Bagaimana implementasi Pasal 8 ayat 1 huruf (f) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait informasi yang tidak benar dalam brosur penjualan perumahan oleh PT. MAG? (2). Apa hambatan yang dialami oleh PT. MAG dalam melaksanakan implementasi Pasal 8 ayat 1 huruf (f) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? (3). Apa upaya yang dapat dilakukan oleh PT. MAG dan Konsumen untuk mengatasi hambatan implementasi Pasal 8 ayat 1 huruf (f) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen? Penelitian ini menggunkan metode yuridis sosiologis yakni selain berdasarkan peraturan perundang-undangan, juga berdasarkan fakta dilapangan terkait perlindungan konsumen. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian penelitian ini menggunakan metode analisa data deskriptif kualitatif yaitu suatu cara penelitian yang menghasilkan data yang dinyatakan oleh responden secara tertulis maupun lisan yang diteliti dan dipelajari secara utuh dan mendalam. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa implementasi Pasal 8 Ayat 1 Huruf (f) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen belum terlaksana dengan baik, terbukti dari adanya ketidak sesuaian antara isi brosur dengan fakta kondisi yang sebenarnya. Terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh PT. MAG didalam pelaksanaan dan didalam pemenuhan tanggung jawabnya, hambatan yang dialami tersebut dibedakan menjadi dua, hambatan yang bersifat hukum dan juga hambatan bersifat non-hukum. Kemudian upaya yang telah dilakukan oleh konsumen sendiri adalah dengan mengajukan komplain secara langsung dan menuntut pemenuhan prestasi ke kantor pemasaran PT. MAG.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2016/177/051611505 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 10:25 |
Last Modified: | 17 May 2022 07:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112580 |
Preview |
Text
SKRIPSI_RIO_PERMATA_125010100111085.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |