Kewenangan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Dan Dewan Jaminan Sosial Nasional Terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Rahmawati, IntanAyuYulia (2016) Kewenangan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Dan Dewan Jaminan Sosial Nasional Terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pelaksanaan SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, Pemerintah menunjuk BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sebagai pelaksana utama program pemerintah terkait Jaminan Sosial Nasional. Kewenangan pengawasan yang dilaksanakan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional) terhadap BPJS adalah merupakan amanat dari Pasal 39 ayat (3) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS. OJK dan DJSN merupakan pengawas eksternal yang memiliki kewenangan dalam 2 (dua) hal yang berbeda. OJK mengawasi BPJS dalam ruang lingkup pengawasan keuangan (audit finansial) sedangkan kewenangan DJSN adalah mengawasi standar operasi baku atau audit operasional. Namun ditemukan konflik perundang-undangan terkait dengan ruang lingkup pengawasan dari norma hukum yang mengatur kewenangan pengawasan OJK dan DJSN. Konflik kewenangan tersebut menyebabkan tumpang tindih antara kewenangan pengawasan dalam hal kesehatan keuangan dan cenderung belum terselesaikan karena kurangnya koordinasi kedua lembaga pengawas eksternal. Dalam karya ini penulis memilih metode penelitian yuridis normatif dengan tujuan untuk mengetahui lebih rinci ruang lingkup kewenangan dari masing-masing lembaga pengawas eksternal tersebut sehingga dapat menemukan model alternatif koordinasi yang ideal guna mengurangi dampak dari konflik perundang-undangan yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/161/ 051606978
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Aug 2016 11:02
Last Modified: 15 Aug 2016 11:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112563
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item