Muhammad, Aulia Ridho (2016) Tanggung Jawab Hukum Pihak Asuransi Dalam Penyelesaian Klaim Atas Kesalahan Informasi Oleh Agen Yang Merugikan Pihak Tertanggung (Studi Di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tanggung jawab hukum pihak asuransi dalam penyelesaian klaim atas kesalahaniInformasi oleh agen yang merugikan pihak tertanggung. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya agen yang memberikan kesalahan informasi sehingga merugikan pihak tertanggung pada saat mengajukan klaim di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana tanggung jawab PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang dalam penyelesaian klaim atas kesalahan informasi oleh agen yang merugikan pihak tertanggung dan Apa hambatan dan upaya PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang dalam penyelesaian klaim atas kesalahan informasi oleh agen yang merugikan pihak tertanggung. Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh berupa data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Data primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis menggunakan teknik analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penulisan dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa tanggung jawab PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang dalam penyelesaian klaim terhadap pihak tertanggung yang dirugikan karena kesalahan informasi oleh agen yang menutup perjanjian adalah tetap memproses dan telah membayar klaim dari pihak tertanggung sebanyak 2 (dua) kali sepanjang tahun 2015 karena merupakan bagian dari konsekuensi perusahaan yang memasarkan produk dan menutup perjanjian asuransinya melalui agen. Kemudian dalam bertanggung jawab dalam penyelesaian klaim atas kesalahan informasi agen yang merugikan pihak tertanggung, hambatan yang dihadapi oleh PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang yaitu tidak dapat menangani klaim dari pihak tertanggung secara cepat dan sederhana serta harus meminta penjelasan dari pihak tertanggung. Sedangkan upaya yang dilakukan PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang untuk mengatasi hambatan dalam bertanggung jawab dalam penyelesaian klaim atas kesalahan informasi agen yang merugikan pihak tertanggung yaitu adalah melakukan tindakan administatif kepada agen berupa pemanggilan untuk mengkonfirmasi kesalahan yang dilakukan agen dan juga memberi peringatan beserta teguran keras berupa surat peringatan dan apabila mengulangi kesalahan yang sama akan diberhentikan secara sepihak. Kemudian upaya berikutnya mengkonfirmasi kesalahan agen dan melakukan negosiasi dengan pihak tertanggung. Dan upaya yang terakhir adalah melakukan tindakan untuk mempercepat pembayaran klaim dengan menunjuk perusahaan penilai kerugian asuransi. Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Malang terhadap 2 (dua) klaim yang diajukan oleh pihak tertanggung tetap bertanggung jawab untuk memproses dan membayar klaim walaupun terdapat kesalahan informasi di dalam polis yang disebabkan oleh agen. Kemudian saran untuk pihak asuransi adalah harus memperbanyak pelatihan kepada agen agar mengetahui produk asuransi yang dimilikinya dan dapat menjelaskan dengan baik kepada pihak tertanggung, dan kepada agen harus memahami dengan baik mengenai produk asuransi yang dijual olehnya.
English Abstract
In this minor thesis, the writer raised issues on legal responsibility of insurance company in the settlement of claims regarding false information by agents which harmed the insured party. The theme selection was based on the presence of agents who provide false information which harmed the insured party at the time of filing a claim with PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch. Based on the above matters, this paper raises problem formulation as follows that is how does the responsibility of PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, in the settlement of claims regarding false information by agents which harmed the insured party and what are obstacles and efforts carried out by PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, in the settlement of claims regarding false information by agent which harmed the insured party. Then this paper was using empirical juridical method with sociological juridical approach as the method. Source of data was obtained in a form of primary data, through interviews and secondary data through library study relevant with the issue studied. Primary data and secondary date obtained by the writer were analyzed using analysis technique using qualitative descriptive method. From the results of this writing with the above method, the writer obtained answers on the issue presented that the responsibility of PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, in the settlement of claims to the insured party which harmed due to false information by the agents terinating an agreement is to keep on processing and has paid claims from the insured party 2 (two) times during 2015, because it is part of the company’s consequence marketing the products and terminating the insurance agreement through the agents. Then in carrying its responsibility in the settlement of claims of false information by the agents which harmed the insured party, obstacles encountered by PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, is not able to handle the claims from the insured party quickly and simple means and must ask for explanation from the insured party. Whereas efforts carried out by PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, to handle obstacles in taking its responsibility in the settlement of claims regarding false information, the agents which harmed the insured party is to perform administrative action to the agents in a form of a call to confirm the fault performed by the agents and must also given warning and reproof and reprimand in the form of a warning letter and if repeating the same mistakes it will be terminated unilaterally. Then the next attempt is to confirm the error made by the agents and negotiates with the insured party. And the last resort is to take action to accelerate the payment of the claim by pointing to an insurance loss adjuster company. The conclusion of this minor thesis is PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Malang Branch, to 2 (two) claims from the insured party still commit oneself for processing and has paid although there was a false information at insurance which caused by the agents. Then the advice to insurance company, they must hold more training for the agents in order to explain their products to the insured party, and for the agents must understand well about the products which they sold.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2016/144/051606961 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.086 Insurance |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 08:50 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112544 |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (31kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf Download (33kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN.pdf Download (33kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (69kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (102kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I-V.pdf Download (914kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (38kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (65kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |