Runaweri, Sonar Melanesia (2017) Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Pada UKM Keripik Tempe Ones Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah dari elemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalam bauran pemasaran selain produk, harga, promosi dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Pemilihan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk yang bagus kurang bermanfaat bagi pemakainya karena melewati batas waktu kebutuhan konsumen. Ukm keripik Tempe Ones merupakan produsen Kripik tempe kemasan yang telah didistribusikan di Malang Raya dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung yaitu 1,15% dan ROI sebesar Rp.8.622.729.309
English Abstract
One element of marketing management which can not be separated from the other elements are included in the distribution in addition to the marketing mix of product, price, promotion, and sales. Selection of appropriate distribution channels on the company can be easier for consumers to get their products and provide optimal results for the company. Selection of the lack of proper distribution channels will result in a good product less useful for the wearer because of overdue consumer needs “Ones” Small Medium EnterprisesTempeh Crackers is a manufacturer of packaging Tempeh Crackers which has been distributed in Malang and Bali. During this time, the analysis of distribution channels in the company has not been done, while the company wants to expand its business by adding Distribution. On the other hand, companies always want the maximum sales volume. The purpose of this study is to analyze and determine which distribution channels are more efficient as well as distribution channel which provides the highest profit in order to increase investment. Analysis of distribution channels is done by comparing the cost efficiency analysis of distribution and sales volume between channels and analysis of the estimated return of investment as (ROI) calculates the largest profit among channels calculated from the cost of distribution. The analysis results showed that the most efficient distribution channels using direct distribution is 1,15%, and ROI amounted to Rp.8.622.729.309
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2017/308/051706452 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 01:31 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 02:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1125 |
![]() |
Text
Sonar Melanesia Runaweri.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |