Efektivitas Sistem Rayon dalam Pemerataan dan Peningkatan Kualitas dan Daya Minat SMA Negeri Menurut Pasal 33 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2014 (Studi di Dinas Pendidikan Kota Malang)

Nugraha, Erfian (2016) Efektivitas Sistem Rayon dalam Pemerataan dan Peningkatan Kualitas dan Daya Minat SMA Negeri Menurut Pasal 33 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 3 Tahun 2014 (Studi di Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai efektivitas sistem rayon dalam pemerataan dan peningkatan daya minat dan kualitas SMA negeri di Kota Malang. Hal ini dilatarbelakangi dengan ketidakmerataan kualitas SMA negeri di Kota Malang. Rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini (1)Bagaimana teknis pelaksanaan sistem rayon dalam upaya peningkatan dan pemerataan kualitas dan daya minat SMA negeri di Kota Malang dalam perspektif pasal 33 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014? (2)Apakah pelaksanaan sistem rayon dapat berjalan efektif dalam upaya pemerataan dan peningkatan kualitas dan daya minat SMA negeri di Kota Malang dalam perspektif pasal 33 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisis, dan mengkaji teknis pelaksanaan dan efektivitas pelaksanaan sistem rayon dalam upaya pemerataan dan peningkatan kualitas SMA negeri di Kota Malang. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta empiris secara obyektif. Seluruh data dianalisa secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban dari permasalahan yang ada. Bahwa secara teknis pelaksanaan sistem rayon dalam penerimaan peserta didik baru dalam upaya pemerataan dan peningkatan daya minat dan kualitas SMA negeri di Kota Malang sudah sesuai, karena dengan sistem rayon dapat memungkinkan terjadi pemecahan dalam pilihan peserta didik terhadap SMA yang akan dipilih dibatasi dengan rayon yang ada. Selain itu layanan yang diberikan dalam PPDB juga beragam dalam membantu peserta seleksi PPDB. Dalam efektivitas pelaksanaan sistem rayon dalam pemerataan dan peningkatan daya minat dan kualitas SMA negeri di Kota Malang belum berjalan efektif, karena terdapat tiga hal yang belum berjalan efektif dalam upaya pemerataan dan peningkatan daya minat dan kualitas SMA negeri, yaitu mengenai fasilitas yang menunjang hal tersebut, faktor masyarakat, dan faktor budaya. Karena fasilitas yang ada dan digunakan dalam PPDB tidak dimanfaatkan secara maksimal dalam upaya pemerataan dan peningkatan daya minat dan kualitas sehingga belum dapat mengubah pemikiran masyarakat mengenai lebih tertarik memilih untuk bersekolah di sekolah favorit. Minimnya informasi mengenai data sekolah menjadi salah satu hal yang menghambat upaya tersebut. Faktor masyarakat dan budaya juga menjadi suatu hal yang menjadi hambatan dari upaya peningkatan dan pemerataan kualitas dan daya minat SMA negeri di Kota Malang, berhubungan juga dengan faktor-faktor yang lain dalam mengubah persepsi mengenai sekolah favorit dalam masyarakat. Pemikiran mengenai sekolah favorit tersebut menjadi hambatan utama dalam upaya pemerataan dan peningkatan kualitas dan daya minat SMA negeri di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/102/ 051604719
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:50
Last Modified: 15 Jul 2016 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112498
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item