Peran Dinas Pendidikan Kota Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Didik

Bahchri, MSaiful (2015) Peran Dinas Pendidikan Kota Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Didik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini dibahas tentang Peran Dinas Pendidikan Kota Surabaya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Didik yang kaitannya merupakan sebuah hambatan dalan penyelenggaraan kebijakan pendidikan karakter. Kenakalan remaja di Kota Surabaya dari tahun 2012-2013 semakin meningkat oleh sebab itu perlu adanya pendidikan karakter secara maksimal. Peran dari sekolah yang kurang berpartisipasi juga salah satu hambatan bagi Dinas Pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan karakter perlu adanya sarana dan prasaranya yang mewadahi. Dinas Pendiikan kurang mempunyai pedoman yang jelas dalam penyelenggaraan. Dinas Pendidikan mempunyai peran penting dalam penyelenggaran pendidikan karakter. Faktor yang menentukan sebuah perubahan, pengembangan, dalam implementasi pendidikan karakter adalah kebijakan dari Dinas Pendidikan yang dapat dirasakan bahwa kebijakan tersebut benar-benar berfungsi dengan baik atau tidak. Peran Dinas Pendidikan telah di atur di dalam Peraturan Walikota Surabaya No 42 Tahun 2011 tentang Rincian Tugas Dan Fungsi Dinas Kota Surabaya Jenis penelitian dalam metode penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian Yuridis Empiris, dimana pendekatan penelitian hukum yang digunakan adalahpendekatan penelitian sosiologis. Bahan hukum primer diperoleh melalui wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur, pengamatan, dan Focus Grup Discussion (FGD). Bahan hukum sekunder diperoleh melalui studi dokumen berkas-berkas penting dari institusi yang diteliti serta penelusuran peraturan perundang-undangan dari berbagai sumber, dan penelusuran situs di internet. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa Dinas Pendidikan mempunyai peran penting untuk menyelenggarakan dan mengeluarkan sebuah kebijakan pendidikan karakter. Peran Dinas Pendidikan telah di atur di dalam Peraturan Walikota Surabaya No 42 Tahun 2011 tentang Rincian Tugas Dan Fungsi Dinas Kota Surabaya. Dinas Pendidikan kota Surabaya kurang mempunyai pedoman yang pasti terhadapan kebijakan pendidikan karakter di sekolah-sekolah serta kurang optimal dalam penerapan kebijakan tersebut. Hal hal yang menghambat peran Dinas Pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan karater di Kota Surabaya yaitu Partisipasi sekolah kurang dan sarana prasarana kurang. Upaya Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam menangani hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter yaitu Gencar mengingatkan sekolah melalui peran yayasan dan komite sekolah agara dapat aktif dalam pengembangan karakter yang diselenggarakan dinas dan Bekerja sama dengan pihak ketiga (swasta) dalam pemenuhan sarana prasarana.

English Abstract

In writing this essay discussed about the role of Surabaya City Department of Education in the Implementation of Character Education in Students Against the relation is a barrier role in the implementation of character education policy. Juvenile delinquency in Surabaya from year 2012-2013 has increased and therefore the need for character education to the fullest. The role of schools that participate less also one of the barriers to the Department of Education. The education system needs to be a means and a character that embodies prasaranya. Department Pendiikan less have clear guidelines for implementation. Department of Education has an important role in the delivery of character education. Factors that determine a change, development, the implementation of character education is the policy of the Department of Education that can be felt that the policy is actually working properly or not. The role of the Department of Education has set in Surabaya Mayor Regulation No. 42 Year 2011 concerning the details of Tasks and Functions Office of Surabaya This type of research in the writing of this method is a kind of Juridical Empirical research, where legal research approach used adalahpendekatan sociological research. Primary legal materials obtained through interviews structured and unstructured, observations, and Focus Group Discussion (FGD). Secondary legal materials obtained through the study of important files and documents of the institutions studied and search legislation from various sources, and search sites on the internet. From the results of the study with the above method, the authors obtain answers to existing problems that the Department of Education has an important role to organize and issue a character education policy. The role of the Department of Education has set in Surabaya Mayor Regulation No. 42 Year 2011 concerning the details of Tasks and Functions Office of Surabaya. Surabaya city Education Department guidelines certainly have less terhadapan character education policy in schools as well as less than optimal in the implementation of these policies. Things that hinder the role of the Department of Education in the characters in the provision of education in the city of Surabaya, school participation is less and less infrastructure. Surabaya City Department of Education effort in overcoming the barriers in the implementation of character education that reminds Aggressive role of foundations and schools through school committees can profess active in the development of the character of organized services and Cooperate with third parties (private) in fulfillment infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/87/ 051502944
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Apr 2015 10:28
Last Modified: 24 Apr 2015 10:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112478
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item