Implementasi Pasal 4 Huruf A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pertanggung Jawaban Pelaku Usaha Atas Cacat Produksi Kendaraan Roda Empat Yang Terkena Recall (Studi

Budianto, Willy (2016) Implementasi Pasal 4 Huruf A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pertanggung Jawaban Pelaku Usaha Atas Cacat Produksi Kendaraan Roda Empat Yang Terkena Recall (Studi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam Pasal 4 Huruf (a) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dijelaskan konsumen memiliki hak untuk memperoleh kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan barang maupun jasa. Dengan dilakukannya recall tentu memberikan kejelasan bahwasannya pelaku usaha belum secara maksimal memenuhi hak-hak yang diinginkan oleh konsumen yakni dalam memperoleh kenyamanan dan keamanan dalam mengkonsumsi barang. Berdasarkan hal tersebut, adapun rumusan masalah yang diangkat dalam merumuskan penelitian ini antara lain : (1) Bagaimanakan implementasi Pasal 4 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen terkait adanya recall di PT. Suzuki Mobil UMC? (2) Bagaimanakan pertanggung jawaban yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam hal ini adalah PT. Suzuki Mobil UMC berkaitan dengan adanya perlindungan konsumen terhadap recall kendaraan roda empat yang cacat produksi? Kemudian penulisan skripsi ini ditulis dengan menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dan pendekatan yuridis sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan Penulis dalam menyusun skripsi ini adalah data primer yang memuat teknik wawancara bebas dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode tersebut, pelaku usaha telah mengimplementasikan penerapan Pasal 4 Huruf (a) Undang-undang Perlindungan Konsumen. Hal ini dikarenakan dengan dilakukannya recall terhadap Suzuki All New Swift 2014 atas kerusakan yang terjadi pada cover strut dust pelaku usaha menyadari tanggung jawabnya sebagai pelaku usaha dalam memberikan upaya ganti rugi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Pasal 4 Huruf (a) UUPK. Oleh karena itu adapun tanggung jawab pelaku usaha adalah mengganti satu set penuh cover strut dust pada tiap-tiap mobil secara cuma-cuma.

English Abstract

In Article 4 Letter (a) Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection is explained that consumers have right to obtain safety and pleasure in using goods and services. By doing recalls it is clear that the business owners have not fully fulfill the consumers rights to obtain safety and pleasure in using goods and services. Based on that, the problems formulated to be discussed in this research are : (1) How is Article 4 Letter (a) Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection regarding responsibilities of business owner on recalled four-wheeled vehicles with production defects implemented? (2) How is business owner, in this case PT. Suzuki Mobil UMC, responsible for consumer protection on recalled fourwheeled vehicles with production defects? This thesis is written using the type of research legal empirical and sociological juridical approach. Techniques of data collection used in preparing this thesis are the primary data which includes free interview techniques and the secondary data. Based on the results of research, the writers get some answers to existing problems that the business owners has done implementing the application of Article 4 Letter (a) Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection. This is because by doing a recall on the All New Swift 2014, the damaged All New Swift is caused to strut dust cover businesses realize their responsibility as entrepreneurs in providing redress as established in Article 4 Letter (a) Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection. In Article 4 Letter (a) Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection. Therefore, as for the responsibilities of business owner in response to the recall are do the replacement of a full set of cover strut dust on every car for free.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/365/ 051604292
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 May 2016 09:46
Last Modified: 02 May 2016 09:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112406
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item