Penerapan Pasal 4 Dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha Yang Menjual Minuman Keras (Studi Kasus Di Kabupaten Malang)

Noor, Datha Firman (2015) Penerapan Pasal 4 Dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha Yang Menjual Minuman Keras (Studi Kasus Di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Penerapan Pasal 4 dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Kabupaten Malang). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya peredaran minuman keras yang sudah sangat luas pemasarannya. Lemahnya pengawasan terhadap minuman keras ini mengakibatkan banyak dari pelaku usaha/penjual minuman keras berbuat curang dengan cara mengoplos minuman keras dengan bahan-bahan yang tidak seharusnya dikonsumsi minuman oleh manusia, sehingga banyak dari konsumen yang nyawanya terancam akibat mengkonsumsi minuman keras oplosan tersebut. Penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dari hasil penelitian dengan metote diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa penerapan pasal 4 dan pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen kurang berjalan dengan baik atau maksimal, hal ini dikarenakan dari faktor interen dan ekteren. Factor interen yaitu masih ada oknum Kepolisian atau ada orang dalam yang membocorkan informasi akan adanya razia dalam menanggulangi peredaran minuman keras oplosan tersebut kurang. Sedangkan dari factor eksteren yaitu dari penjual dan konsumen sendiri, dimana hal ini dilakukan karena masih banyak permintaan dari konsumen. Penerapan dari Undang-Undang Perlindungan Konsummen ini kurang berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan bahwa penjual minuman keras melanggar ketentuan-ketentuan dari pasal 4 dan pasal 8 UUPK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/358/ 051603521
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Jul 2016 15:11
Last Modified: 13 May 2022 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112398
[thumbnail of DATHA FIRMAN NOOR.pdf]
Preview
Text
DATHA FIRMAN NOOR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item