Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang)

Chandra, Nanda Eka (2015) Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini mengangkat permasalahan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dengan studi di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupatan Malang. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya satu fungsi baru Badan Permusyawaratan Desa di dalam pasal 55 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang sebelumnya di atur dalam pasal 209 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah fungsi tersebut yaitu melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dalam melaksanakan fungsi pengawasan, Badan Permusyawaratan Desa melakukan pengawasan terhadap tugas kepala desa meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang (2) Apa faktor penghambat Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yurudis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Alasan pemilihan lokasi pada penelitian ini adalah dalam melaksanakan fungsi pengawasan selain turan dalam undang-undang, desa genengan juga memiliki mekanisme tersendiri dalam melakukan fungsi pengawasan. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder. Teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan teknik analisis data kualitatif. Penulis memperoleh jawaban atas permasalahan bahwa Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Sistem Pemerintahan Desa di Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang sudah terlaksana dengan baik, ditandai dengan kepala desa selalu memberikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPD) kepada Badan Permusyawaratan Desa yang digunakan sebagai pelaksanaan fungsi pengawasan oleh Badan Permusyawaratan Desa tetapi dalam pelakukan fungsinya Badan Permusyawaratan Desa memiliki kendala yaitu kurangnya pembinaan dari pemerntah daerah mengenai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menjadikan sering terjadi kesalah pahaman dalam menjalankan fungsinya, dalam undang-undang tersebut tidak dijelaskan secara rinci mekanisme pengawasan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/344/ 051603507
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 May 2016 14:02
Last Modified: 13 May 2022 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112383
[thumbnail of NANDA EKA CHANDRA.pdf]
Preview
Text
NANDA EKA CHANDRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item