Hambatan Hukum Dalam Pengalihan Aset Hak Atas Tanah Perseroan Terbatas Terkait Status Pengikatan Jual Beli Dengan Pihak Developer ( Studi Kasus di PT. Syirkah Usaha Bersama )”

Yudistira, Adi Rangga (2015) Hambatan Hukum Dalam Pengalihan Aset Hak Atas Tanah Perseroan Terbatas Terkait Status Pengikatan Jual Beli Dengan Pihak Developer ( Studi Kasus di PT. Syirkah Usaha Bersama )”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik simpulan yang merupakan jawaban dari permasalahan sebagai berikut: 1. Hambatan yang timbul karena tidak sebagaimana dilakukan sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku yaitu PP No 24 tahun 1997 dapat dijadikan tolak ukur agar suatu Perseroan khususnya dalam pembelian tanah baik secara tunai maupun kredit, dengan segera mewajibkan untuk menyelesaikan secara administrative yaitu membuat Akta Jual Beli yang sah dihadapan PPAT, berdasarkan ketentun PP Nomor 24 tahun 1997 yang menjelaskan mengenai Akta jual Beli yang dibuat dihadapn PPAT sebagai akta otentik. Sehingga akta otentik memiliki kekuatan hukum yang pasti bagi pemegang sertifikat tanah tersebut. 2. Upaya penyelesaian yang dapat dilakukan oleh pembeli yaitu PT. Syirkah usaha Bersama, jual beli tanah yang dilakukan tanpa akta PPAT dapat mempunyai kekuatan hukum yang pasti yaitu dengan mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri dan Majelis Hakim akan memeriksa berkas- berkas yang ada dan menyatakan sah atas berkas- berkas jual beli tanah dengan pihak developer. Selanjutnya hasil Putusan Pengadilan Negeri dijadikan sebagai putusan yang dapat memberikan kepastian hukum kepada Penggugat sebagai pemilik yang 76 sah atas tanah dan bangunan diatasnya. Dengan Putusan Pengadilan Negeri tersebut, maka pihak Penggugat yaitu Yayasan Dompet Dhuafa Republika dapat bertindak untuk dirinya sendiri dan sebagai penjual. Dikarenakan pihak tergugat I atau pihakpenjual tidak diketahui lagi tempat tinggalnya sehingga tidak dapat hadir menghadap PPAT, maka Putusan Pengadilan Negeri Bekasi juga memberikan izin dan kuasa kepada Penggugat untuk bertindak atas nama Tergugat ( penjual ) dalam melaksanakan penandatanganan Akta Jual Beli atas tanah sekaligus bertindak untuk dan atas namanya sendiri selaku pembeli serta mengurus balik nama dihadapan PPAT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/204/051505258
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Nov 2015 14:47
Last Modified: 27 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112227
[thumbnail of 051505258_-_Adi_Rangga_Yudistira_0910110001.pdf] Text
051505258_-_Adi_Rangga_Yudistira_0910110001.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item