Penerapan Prinsip Kehati-hatian Oleh Pihak Bank Dalam Melakukan Penagihan Kartu Kredit Bermasalah (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya)

Puspita, YukkiAjeng (2015) Penerapan Prinsip Kehati-hatian Oleh Pihak Bank Dalam Melakukan Penagihan Kartu Kredit Bermasalah (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tentang penerapan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah. Pilihan judul tersebut dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat aduan mengenai kartu kredit. Berdasarkan hal tersebut di atas, karya tulis ini bertujuan untuk 1. Mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis penerapan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya. 2. Mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis faktor – faktor pendukung dan penghambat penerapan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya? Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban dari rumusan masalah yaitu penerapan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya dilakukan dengan menggunakan tahap – tahap penagihan kartu kredit bermasalah disertai dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu maupun dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu yang dituangkan dalam kode etik internal BRI dalam melakukan penagihan. Sebagian besar peraturan telah terlaksana dengan baik namun terdapat beberapa yang belum terlaksana. Faktor pendukung penerapan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah yaitu faktor internal meliputi karakter pejabat yang baik dan fasilitas yang memadai dan faktor eksternal adalah karakter nasabah yang kooperatif dalam melakukan pembayaran tunggakan tagihan kartu kredit. Faktor penghambat menerapkan prinsip kehati – hatian oleh pihak bank dalam melakukan penagihan kartu kredit bermasalah yaitu faktor internal faktor internal meliputi penerapan fasilitas yang pada kenyataannya tidak selalu berjalan lancar dan faktor eksternal merupakan yang karakter nasabah yang tidak baik.

English Abstract

In this essay, the author raises issue about application of the prudent banking principle by the bank to collect the delinquent credit card. Considerant of the title selection is the high compalints about credit card collection. Based on the abouve, this essay raised the purposes survey is: 1. Identify, describe, and analyzing application of the prudent banking principle by the bank to collect the delinquent credit card. 2. Identify, describe, and analyzing the support factors dan inhibite factors to do application of the prudent banking principle by the bank to collect the delinquent credit card. This essay use empirical juridical with sociological jurudical approach. From the reseacrh, the author obtained answer from the problems about aplication of the prudent banking principle by the bank to colect the delinquent credit card at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Surabaya are applying by phases collecting the delinquent credit card and regulated by Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu and Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu as outlined in code of ethics by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) to collect credit card payment. The most of the rules have been performing well but there is a little part that has not been done. The support factor to do application of the prudent banking principle by the bank to collect the delinquent credit card are internal and external factors. The internal factors include good head office character and good facilities. External factor is cooperative cardholder to pay creditcard bill. The inhibite factors to do application of the prudent banking principle by the bank to collect the delinquent credit card are internal and external factors. The internal factors is existing facilities application are not performing well and external fator is uncooperative or bad character of cardholder when collector collect the credit card bill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2015/18/ 051502353
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Mar 2015 10:54
Last Modified: 25 Mar 2015 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112198
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item