Implementasi Aplikasi Papan Komunikasi (Communication Boards) Berbasis Tablet Android Bagi Tunarungu

Hasan, Moh Abu (2018) Implementasi Aplikasi Papan Komunikasi (Communication Boards) Berbasis Tablet Android Bagi Tunarungu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Isyarat dipergunakan dalam kehidupan berkomunikasi sehari-hari sesama penderita tuna rungu dan tuna wicara. Bahasa Isyarat yang sederhana ataupun bentuk lain perlu dipahami oleh orang normal dalam berkomunikasi sehari-hari. Salah satu kesulitan adalah bagaimana kaum tunarungu dapat menginformasikan bahasa isyarat yang digunakan dan dapat dipahami oleh orang yang bisa mendengar sehingga penderita tuna rungu dapat berkomunikasi, berinteraksi, bergaul, berteman, dan terjadi dialog dalam pergaulan sehari-hari. Bahkan, orang tuna rungu dan tuna wicara mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata yang sering digunakan orang yang dapat mendengar dan bicara. Di Negara Indonesia pun juga banyak mengalami kesulitan dalam hal tersebut. Aplikasi "DekatTuli" yang dibuat dan dirancang dapat diharapkan membantu mengurangi bahkan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi kaum tuna rungu dan tuna wicara. Aplikasi "DekatTuli" ini sarana pembelajaran untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia bagi kaum tuna rungu dan tuna wicara dengan cepat dan praktis karena Aplikasi "DekatTuli" menggunakan sistem berbasis Android pada perangkat smartphone yang mana banyak orang menggunakan dan memiliki perangkat tersebut termasuk mereka yang tuna rungu dan tuna wicara. Aplikasi "DekatTuli" ini telah berhasil dilakukan pengujian secara fungsional dan usability. Aplikasi ini telah dilakukan pengujian Fungsional dengan lima kasus uji yang mana setiap kasus ujinya telah diuji dan berjalan dengan semestinya, sehingga aplikasi ini dinyatakan semuanya valid. Aplikasi ini juga telah dilakukan pengujian usability dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada sekitar 10 orang secara acak, baik mereka yang tuna rungu maupun yang dapat mendengar. Pengujian Usability telah dilakukan pengujian berdasarkan aspek usability seperti: Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Statisfaction. Dari pengujian Usability tersebut telah diperoleh hasil yang sangat memuaskan karena analisis aplikasi "DekatTuli" telah mencapai rata-rata persentase sebanyak 96 % sesuai dengan yang telah diharapkan.

English Abstract

Sign language is used in the daily lives of people with hearing and speech impaired. Simple sign language or any other form needs to be understood by normal people in daily communication. One of the difficulties is how the deaf can inform the sign language used and can be understood by people who can hear so deaf people can communicate, interact, socialize, make friends, and dialogue occurs in everyday social. In fact, the deaf and speech impaired have difficulty understanding the words that are often used to me ndengar and talk. In the State of Indonesia was also a lot of difficulty in that case. Applications "DekatTuli" created and designed can be expected to help reduce even be able to overcome the difficulties faced by the deaf and mute. Applications"DekatTur This means learning to communicate using Indonesian Sign Language for the deaf and speech impaired quickly and practical for applications "DekatTuli" using systems based on Android on smartphones which many people use and have such devices including the deaf and speech impaired. Applications "DekatTuli" This has been successfully done in functional and usability testing. This app has been tested with five Functional test case in which each of the test cases have been tested and properly, so that the application is otherwise all valid. This application also has conducted usability testing with some questions for about 10 people at random, whether they are deaf or who can hear. Usability testing has been conducted usability testing based on aspects such as: Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Statisfaction. Of the Usability testing has obtained excellent results for the analysis of the application "DekatTuli" has reached an average percentage of as much as 96% according to which had been expected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/66/051800926
Uncontrolled Keywords: Usability, Disabilitas, Kuesioner, Smartphone, Pengujian Black Box, Speech Testing
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 30 May 2018 03:02
Last Modified: 14 Feb 2022 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11217
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (875kB) | Preview
[thumbnail of BAB VII.pdf]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item