Jauhari, SubektiAkhmad (2015) Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Menerbitkan Perizinan Di Kota Kediri (Studi Peraturan Walikota Kediri Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian skripsi ini membahas tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Menerbitkan Perizinan Di Kota Kediri. Pilihan tema ini dilatarbelakangi karena penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan di wilayah Kota Kediri belum maksimal seperti yang diharapkan karena masih banyak penyelesaian perizinan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Permasalahan dalam penelitian ini ada 2 yaitu : 1) Bagaimana penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan di kota kediri ? 2) Apa kendala yang dihadapi dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di Kota Kediri ? Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan di Kota Kediri serta mengidentifikasi kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana solusinya dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan di Kota Kediri berdasarkan Peraturan Walikota Kediri Nomor 43 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Satu Pintu belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Kendala yang dihadapi oleh BPM Kota Kediri dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di wilayah Kota Kediri adalah sumber daya manusia yang kurang memadai dan kurang berpotensi, sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta pelayanan perizinan secara elektronik yang belum terlaksana. BPM Kota Kediri telah memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memberikan pelatihan kerja kepada pegawai BPM, meningkatkan sarana dan prasarana serta berupaya menjalankan perizinan secara elektronik.
English Abstract
This paper discusses research on the Implementation of One Stop In Issuing licenses on Kediri. Choice of this theme background for integrated one-stop service delivery in issuing permits in the area of Kediri not as expected because there are many that do not permit settlement in accordance with applicable regulations. Problems in this study there are two, namely: 1) How is the implementation of one stop service to issue permits in Kediri? 2) What are the problems and how solutions to overcome the problems in the implementation of the one stop service in Kediri? The aim of the study was to analyze the implementation of the one stop service in issuing permits in Kediri and identify any obstacles encountered and how the solution in the integrated one-stop service delivery in Kediri. This type of research used in this study is empirical juridical whereas research approach used in this study is a socio-juridical. In a one-stop integrated service delivery in issuing permits in Kediri Kediri Mayor Regulation No. 43 Year 2014 on the Implementation of the One stop service has not been fully implemented well. Obstacles faced by BPM Kediri in the integrated one-stop service delivery in the area of Kediri is human resources inadequate and less potentially, facilities and infrastructure are less supportive and electronic licensing service that has not been done. BPM Kediri has been providing solutions to overcome these obstacles is to provide job training to employees BPM, improving infrastructure and attempts to run the electronic licensing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2015/129/ 051503576 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 May 2015 15:24 |
Last Modified: | 28 May 2015 15:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |