Penanganan Kredit Bermasalah Dalam Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Bagi Pengusaha Rumah Tangga Penghasil Produk Tas Tanggulangin Oleh Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Sidoarjo,

Ratri, Tiara Mustika (2014) Penanganan Kredit Bermasalah Dalam Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Bagi Pengusaha Rumah Tangga Penghasil Produk Tas Tanggulangin Oleh Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Sidoarjo,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai kredit usaha rakyat yang bermasalah dalam pengembalian dana KUR. Hal ini yang menjadi tugas bank untuk menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah yang dihadapi oleh nasabahnya. Dalam menangani kredit bermasalah bank mengalami hambatan-hambatan dalam penanganannya serta melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan pelunasan dana KUR dari nasabah. Adapun Rumusan masalah yang diangkat adalah : (1) Apa hambatan yang dialami oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam menangani KUR bermasalah dari pengusaha rumah tangga penghasil produk tas tanggulangin di Kabupaten Sidoarjo yang telah disalurkan? (2) Upaya apa yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam mengatasi hambatan-hambatan agar memperoleh pelunasan dari dana kredit bermasalah pengusaha rumah tangga penghasil produk tas rumah tangga Tanggulangin di Kabupaten Sidoarjo ? Penelitian dilakukan secara empiris dengan melakukan pendekatan secara yuridis-sosiologis. Jenis data serta sumber data dibagi menjadi jenis dan sumber data primer dan sekunder, Populasi penelitian ini adalah pengusaha tas Tanggulangin dan pihak Bank Rakyat Indonesia dengan purposive sampling. Kesimpulan Penelitian adalah bahwa dalam penanganan, hambatan oleh pihak bank dalam penanganan secara non litigasi saat melakukan musyawarah antara nasabah dengan pihak bank sulit mencapai suatu titik temu terhadap kebijakan pembayaran bunga pokok serta biaya-biaya lainnya, nasabah sulit untuk ditemui, pihak bank melakukan monitoring secara berkala namun terkendala pihak bank yang kekurangan tenaga staf ahli, bank dalam memberikan kepercayaan kepada debitur seringkali disalahgunakan oleh debitur dengan cara menghindar. Secara Litigasi dalam negosiasi dengan debitur sulit untuk dimintai persetujuan untuk menyerahkan assetnya untuk di lelang. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut agar mendapatkan pelunasan dengan secara non litigasi saat proses musyawarah bank mendatangkan staf ahli untuk menemukan titik temu terhadap masalah yang dihadapi debitur, proses monitoring pihak bank mendatangi tempat usaha debitur agar mengetahui pertumbuhan usaha nasabahnya serta dari pihak bank sendiri menambahkan tenaga staf ahli untuk melakukan monitoring yang dilakukan secara berkala. Secara Litigasi negosiasi dalam hal ini yaitu pihak bank tidak memberikan jangka waktu lagi terhadap debitur.

English Abstract

In this thesis, the author raised the issue of loans for people with problems in KUR refund. it is the duty of the Bank to resolve the problems faced by troubled credit their customers. In dealing with troubled bank credit experience in handling is the obstacles and make various efforts to obtain KUR amortization of customer funds. Summary as of the adoption problem is: (1) what barries experienced by Bank Rakyat Indonesia to address the problem of operators KUR household product producer in the district sidoarjo tanggulangin bag that has passed? (2) Facilities that what the Bank Rakyat Indonesia in overcoming obstacles in order to acquire the amortization of distressed credit fund operators producing household products household tanggulangin bags in the district sidoarjo? Empirical research done by doing a juridical- sociological approach. Data types and data sources are divided into divided into type and sources of primary and secondary data, the study population is tanggulangin bag bussinesman and the Bank Rakyat Indonesia with purposive sampling analysis technique. Reserach conclusion is that the handling, inhibition by the bank in a non-litigation handling time of consultation between the client and the bank reached a confidential meeting point of policy interest payments trees and other chargers, the customer is hard to find, the banks do monitoring in periodically plagued the bank but have a lack of staff members, the bank gives credence to the debtor often abused by debtors with avoid way. In litigationin confidential negotiations with the debtor for questioning his willingness to hand over assets to the auction. Attempts to overcome the barriers that get in non-litigation settlement with deliberation process when banks bring staff members to find a meeting point on the problems facing the debtor, the bank monitoring efforts are visited by the debtor to know its customers and business growth of the bank itself increase staff resources members to do the monitoring is done periodically. In litigation negotiations in this regard that the bank did not provide further period against the debtor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/87/051402296
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Apr 2014 15:17
Last Modified: 26 Apr 2022 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112097
[thumbnail of BAB_I_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_I_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_(2).pdf]
Preview
Text
BAB_II_(2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_III_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_(2).pdf]
Preview
Text
BAB_III_(2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_(2).pdf]
Preview
Text
BAB_I_(2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_II_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_IV_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_(2).pdf]
Preview
Text
BAB_IV_(2).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_(1).pdf]
Preview
Text
BAB_V_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_(2).pdf]
Preview
Text
BAB_V_(2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item