Primastya, Arya (2015) Penanganan Pembiayaan Mudharabah Bermasalah di Koperasi Syariah Kanindo Jatim (Studi di Koperasi Syariah Kanindo Jatim, Dau, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan kehidupan perekonomian yang sulit membuat masyarakat berinisiatif untuk membuka usaha sendiri. Mereka membutuhkan suatu bantuan berupa dana untuk memperlancar usahanya, maka Koperasi Syariah KANINDO Jatim mengembangkan produknya yaitu pembiayaan mudharabah sesuai perkembangan dunia perbankan dalam target peningkatan keuntungan dan menyejahterakan masyarakat. Dengan diberikannya pembiayaan tersebut, terkadang muncul adanya pembiayaan yang bermasalah dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya ketidakmampuan anggota untuk membayar tepat waktu atau jatuh tempo pembayaran dan terkadang diakibatkan dari usaha yang kurang lancar dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis dan menggunakan pendekatan sosiologis, dan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literartur dan wawancara langsung ke lapangan, yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mengakibatkan mudharabah bermasalah pada Koperasi Syariah KANINDO Jatim. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa faktor penyebab pembiayaan mudharabah bermasalah yaitu: analisa pembiayaan yang kurang tepat, kurang atau tidak adanya kejujuran dari anggota, anggota tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya, usaha anggota mengalami bangkrut total, dan karakter dari anggota itu sendiri. Adapun cara yang dilakuakn Koperasi Syariah KANINDO Jatim dalam menangani pembiayaan mudharabah bermasalah yaitu dengan cara Rescheduling, Restructuring , dan Reconditioning
English Abstract
The problem of the human life is caused by the difficulty in economic condition. Mainly, for those who has a low income. They need a fund aid to smooth their work or business. Those Koperasi Syariah KANINDO Jatim develops its production. It’s the costing of mudharabah is based on the development of the world banking in order to enhance the provit and prousperous. Due to provide the cost, it causes the problems. One of the problems is unpunctuality of the costumer to pay and sometimes it is caused by unordered work. This research is including into yuridis research using sociologist approvement. The data contain of the primary and secondary data which is caused the cost problem and the handling of mudharabah cost in Koperasi Syariah KANINDO Jatim. The data analysis used is qualitative analysis. Based on the result of research, it was recognized that the factor which caused the problems in the costing of mudharabah are incorrect cost analysis, dishonesty of the costumers, uncommitted of the costumers, the bankruptcy of the costumers, and the costumers characteristics. The way to solve the problems by Rescheduling, Restructuring ,and Reconditioning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2014/364/051501892 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 11:10 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112009 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
jurnal_ilmiah.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_persetujuan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |