Analisis Putusan Ma Nomor 892 K/Pdt.Sus/2012 Dalam Kasus Merek Terkenal Cardinal

Wirautama, Bagus Raditya (2014) Analisis Putusan Ma Nomor 892 K/Pdt.Sus/2012 Dalam Kasus Merek Terkenal Cardinal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi Ini, Penulis Mengangkat Pemrasalahan Merek Terkenal Pada Kasus Cardinal Dengan Cardinar. Dalam Undang-Undang No.15 Tahun 2001 Tentang Merek, Merek Terkenal Hanya Dijelaskan Di Dalam Penjelasan Undang-Undang. Yang Dimana Dapat Berdampak Penafsiran Yang Diberikan Oleh Seorang Hakim. Berdasarkan Hal Tersebut, Skripsi Ini Mengangkat Rumusan Masalah : (1) Bagaimana Hakim Baik Judex Factie Maupun Judex Yuris Menafsirkan Hukum Terhadap Pelanggaran Merek Terkenal Dalam Kasus Marek Cardinal Dalam Putusannya ? (2) Apakah Pertimbangan Hakim Terdapat Perbedaan Dalam Memutuskan Kasus Merek Terkenal Dengan Merek Biasa ? Kemudian Penulisan Skripsi Ini Menggunakan Metode Yuridis Normative Dengan Pendekatan Perundang-Undangan. Bahan Hukum Primer, Sekunder Dan Tersier Digunakan Oleh Penulis Yang Kemudian Akan Dianlisis Dengan Inteprestasi Otentik. Dari Hasil Penelitian Dengan Metode Diatas, Penulis Memperoleh Jawaban Yaitu Bahwa Judex Factie Dalam Kasus Merek Terkenal Cardinal Adalah Adanya Persamaan Pada Pokoknya, Sedangkan Judex Yuris Dalam Hal Kasus Cardinal Hakim Memberi Keputusan Tidak Ada Kekeliruan Dalam Penerapan Hukum. Selanjutnya, Perbedaan Pertimbangan Hakim Terhadap Merek Biasa Dan Merek Terkenal. Dalam Kasus-Kasus Merek Biasa Hakim Mempertimbangkan Persamaan Pada Pokoknya Atau Persamaan Keseluruhan, Sedangkan Untuk Merek Terkenal Hakim Mempertimbangkan Adanya Pembuktian Dengan Adanya Pendaftran Merek Diberbagai Negara.

English Abstract

In this paper, the authors raised pemrasalahan famous brand in the cardinal case with cardinar. In law 15 of 2001 on the brand, famous brand just described in the explanation of the law. That which can affect many interpretations given by a judge. Based on this, this paper raised the formulation of the problem: (1) How good judge and Judex Judex factie jurists interpret the law for violation of famous brand in the case of Marek Cardinal in its decision? (2) Is there a difference in the consideration of the judge deciding the case of well-known brands with regular brand? Then this thesis using the normative juridical approach legislation. Primary legal materials, secondary and tertiary are used by authors who will then dianlisis with interpretation authentic. From the results of research with the above method, the authors obtained the answer is that in the case of Judex factie famous brand cardinal is a similarity in principle, while Judex jurist in the case of cardinal judge gives a decision no errors in the application of the law. Furthermore, differences in consideration of the judges of the usual brand and famous brand. In ordinary cases the judges consider brand similarity in principle or the overall equation, whereas for famous brand judge considered any proof with the registration of the brand in many countries.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/361/051500423
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jan 2015 09:41
Last Modified: 25 Apr 2022 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/112006
[thumbnail of Skripsi_Bagus_Raditya_Wirautama_105010104111005.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bagus_Raditya_Wirautama_105010104111005.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item