Agreement The Placement And Protection Of Indonesian Domestic Workers Antara Republik Indonesia Dengan Arab Saudi Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Tki Di Arab Saudi

Khaitam, Widad Muhammad (2014) Agreement The Placement And Protection Of Indonesian Domestic Workers Antara Republik Indonesia Dengan Arab Saudi Dalam Perlindungan Hukum Terhadap Tki Di Arab Saudi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan tinjauan hukum terhadap agreement the placement and protection of Indonesian domestic workers antara Republik Indonesia dengan Arab Saudi. Pilihan tema tersbut dilatar belakangi oleh dibuatnya agreement the placement and protection of Indonesian domestic workers antara Indonesia dengan Arab Saudi pada tanggal 19 februari 2014. Setelah dibuatnya agreement, jumlah TKI Di Arab Saudi yang bermasalah sampai dengan Bulan Agustus 2014 sebanyak 630 kasus. Dengan lahirnya agreement tersebut seharusnya TKI di Arab Saudi dapat terlindungi haknya. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) mengapa agreement the placement and protection of Indonesian domestik Workers mempunyai kekuatan hukum mengikat berdasarkan Hukum Perjanjian Internasional? (2) apa bentuk perlindungan hukum terhadap TKI di Arab Saudi berdasarkan Agreement The Placement and Protection of Indonesian Domestic Workers antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi sudah optimal? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan ( statue approach ) dan perbandingan ( comparative approach ). Bahan hukum primer, sekunder dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik intepretasi komparatif yaitu dengan memperbandingkan hukum yang berlaku di beberapa negara atau beberapa konvensi internasional dan nsional serta pendapat para ahli hukum, yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi obyek kajian. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa agreement the placement and protection of Indonesian domestic workers memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Karena dalam proses pembuatannya sampai dengan pemberlakuanya telah sesuai dengan pengaturan yang terdapat dalam Konvensi Wina 1969 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000. Sedangkan dalam hal perlindungan hukum terhadap TKI di Arab Saudi, agreement the placement and protection of Indonesian domestic workers memberikan perlindungan dalam perekrutan, standar kontrak kerja, pengawasan, bantuan kekonsuleran, penyimpanan dokumen, asuransi, serta fasilitas transportasi. Namun agreement tersebut masih memiliki kekurangan dengan tidak adanya jaminan TKI atas kekerasan fisik atau penyiksaan, perbudakan, kesehatan, hak berorganisasi serta kepengurusan TKI overstayers dan TKI meninggal. oleh karena itu agreement tersebut belum memberikan perlindungan hukum secara maksimal dengan masih adanya TKI yang bermasalah sampai dengan Bulan Agustus 2014 sebanyak 630 kasus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/336/051408179
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Dec 2014 13:59
Last Modified: 25 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111979
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item