Perlindungan Konsumen Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Air Minum Isi Ulang Yang Tidak Memenuhi Standar Kualitas (Studi Pelaksanaan Permenkes Ri No.492/Menkes/Per/Iv/2010 Tentang Pesyaratan Kualita

Kiswanto, Edi (2014) Perlindungan Konsumen Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Air Minum Isi Ulang Yang Tidak Memenuhi Standar Kualitas (Studi Pelaksanaan Permenkes Ri No.492/Menkes/Per/Iv/2010 Tentang Pesyaratan Kualita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan perlindungan konsumen terhadap dampak negatif penggunaan air minum isi ulang yang tidak memenuhi standar kualitas (Studi Pelaksanaan PERMENKES RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Pesyaratan Kualitas Air Minum di Kota Malang). Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 dalam peredaran air minum isi ulang di kota malang yang tidak memenuhi standar kualitas air minum isi ulang sesuai dengan aturan yang berlaku. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : 1) Bagaimana Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 dalam Hal Standar Kualitas Air Minum Isi Ulang Yang Beredar di Kota Malang?, 2) Bagaimana Hambatan Dinas Kesehatan Kota Malang dalam Hal Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 Terkait Kewenangan Mengawasi Peredaran Air Minum Isi Ulang di Kota Malang?, 3) Bagaimana Upaya Dinas Kesehatan Kota Malang dalam Mengatasi Hambatan Pada Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/Iv/2010 Terkait Kewenangan Mengawasi Peredaran Air Minum Isi Ulang di Kota Malang. Kemudian jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis. Adapun teknik Pengambilan data primer dilakukan dengan wawancara bebas terpimpin, sedangkan teknik pengambilan data sekunder dilakukan dengan cara studi dokumen. Populasi dalam penelitian ini meliputi Dinas Kesehatan Kota Malang, seluruh depot air minum isi ulang di Kota Malang dan konsumen depot air minum isi ulang di Kota malang. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini di tentukan dengan cara Purposive sampling, Accidental Sampling dan Snowball sampling. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 dalam hal Standar Kualitas Air Minum Isi Ulang yang beredar di Kota Malang tidak berjalan secara baik, masih ditemukan kelemahan dalam pelaksanaannya terutama terkait pengawasan yang dilakukan baik xiii secara internal oleh pelaku usaha depot air minum isi ulang maupun secara eksternal oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Hambatan Dinas Kesehatan Kota Malang dalam hal Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tersebut dari kaedah hukum itu sendiri, penegakan hukum yang tidak dilakukan dengan semestinya, permasalahan anggaran serta masyarakat yang bersikap apatis dan tidak bertemunya tim pengawas dengan pemilik atau pelaku usaha depot air minum isi ulang dan hanya bertemu dengan penjaga, penjaga depot air minum isi ulang ini tidak memberikan ijin kepada tim pengawas dalam pengambilan sampel yang akan di ujikan ke laboratorium serta anggaran dalam operasional Upaya Dinas Kesehatan Kota Malang dalam hal Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tersebut dengan membentuk Asosiasi yang diberi nama APDAMA (Asosiasi Pengusaha Depot Air Minum) dan memberikan pelayanan pengujian sampel gratis 1(satu) kali dalam setahun. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah Sebagai konsumen diharapkan tidak antipati dan bersikap acuh apabila ditemukan depot air minum yang mendistribusikan air minum yang tidak layak untuk dikonsumsi sehingga konsumen dapat memberitahu kepada pemilik depot air minum isi ulang, kepada badan penyelesai sengketan konsumen maupun Dinas Kesehatan Kota Malang untuk menghindari penyakit masal akibat dari air minum yang tidak layak.

English Abstract

In this thesis, the author raised the issue of consumer protection against the negative effects of the use of refill drinking water that did not meet quality standards (study of the implementation of PERMENKES RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010 about drinking water Quality Requirements in the city of Malang). The theme options with their implementation of the Regulation by the Minister of health of the Republic of Indonesia Number 492/Menkes/Per/IV/2010 in the circulation of drinking water refill in malang that do not meet the standards of the quality of drinking water refill in accordance with the applicable rules. Based on the above, this paper raises issues of formulation: 1) how the implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia Number 492/Menkes/Per/IV/2010 in terms of the standard Quality drinking water Refills are circulating in the city of Malang?, 2) How barriers to health services the city of Malang in terms of implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia Number 492/Menkes/Per/IV/2010 Related Authorities supervise the Refill drinking water Circulation in the city of Malang?, 3) How health services Efforts of Malang in overcoming the obstacles in the implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia Number 492/Menkes/Per/Iv/2010 Related Authorities supervise the Refill drinking water Circulation in the city of Malang. Then this type of research is empirical legal research by using the juridical sociological approach. Primary and secondary legal materials obtained by the author will be analyzed using descriptive analysis techniques. As for the primary data capture technique done with non guided interview technique, while the secondary data retrieval is done by means of the study documents. The population in this research include health services of Malang, the entire depot refill drinking water in the city of Malang and consumers refill drinking water depot in the city of malang. While the sampling in this study at the specified sampling Purposive way, Accidental Sampling and Snowball sampling. The location of this research was conducted in the city of Malang. Of research results with the method above, the author answers to existing problems that the implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia Number 492/MENKES/PER/IV/2010 in terms of the standard Quality drinking water Refills are circulating in the city of Malang is not running properly, it still found a weakness in its implementation mainly relating to supervision conducted either internally xv by the trade depot drinking water refill or externally by the hapless City Health department. Barriers to health services the city of Malang in terms of implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia of the law itself, the means of enforcement are not done properly, as well as the Community budget problems being apathetic and does not meet the team supervisors with owners or businessmen refill drinking water depot and meeting only with guards, guards depot refill drinking water does not grant permission to the team supervisor in a sampling that will be ujikan to the laboratory as well as in the operational budget Efforts The City Health Office the unfortunate in terms of the implementation of the regulation of the Minister of health of the Republic of Indonesia by forming the Association named APDAMA (the employers Association and the Depot drinking water) and provide free sample testing of one (1) times in a year. Suggestion that can be given an author in this research is as consumers to antipathy and as apathetic if found depot drinking water that distributes drinking water unfit for consumption so consumers can tell to the owner depot drinking water rechargeable, to a finisher sengketan customers and health agency city unfortunate to avoid mass disease resulting from drinking water unworthily.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/203/051405422
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Sep 2014 09:14
Last Modified: 21 Apr 2022 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111829
[thumbnail of DAPUS__FIX.pdf]
Preview
Text
DAPUS__FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_fix.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Permenkes_492-th-2010_tentang_persyaratan_kualitas_air_minum.pdf]
Preview
Text
Permenkes_492-th-2010_tentang_persyaratan_kualitas_air_minum.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of COVER_LAPORAN_fix.pdf]
Preview
Text
COVER_LAPORAN_fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi_revisi_fix.pdf]
Preview
Text
daftar_isi_revisi_fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item