Upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Pemenuhan Standar Pelayanan Minimum Terkait Dengan Pelayanan Pengangkutan Orang (Studi Di Stasiun Blitar Kota Blitar)

Mukti, Ulung Prestiwi (2014) Upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Pemenuhan Standar Pelayanan Minimum Terkait Dengan Pelayanan Pengangkutan Orang (Studi Di Stasiun Blitar Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam pemenuhan standar pelayanan minimum terkait dengan pelayanan pengangkutan orang (Studi di Stasiun Blitar Kota Blitar). Penulis memfokuskan masalah pada upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam pemenuhan standar pelayanan minimum terkait dengan pelayanan pengangkutan orang di Stasiun Blitar dan di perjalanan menggunakan jenis kereta api lokal (KA Penataran dan KA Dhoho) berdasarkan Pasal 137 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 tentang Perkeretaapian jo Pasal 2 ayat (3) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 9 Tahun 2011 tentang Standar Pelayanan Minimum Untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api dan juga hambatan yang dihadapi dalam upaya pemenuhan standar pelayanan minimum di Stasiun Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, dimana peneliti melakukan pendekatan yang mengkaji tentang upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dikaitkan dengan pelaksanaan Pasal 137 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam Pasal 137 ayat (1) Undang-undang Nomo 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian upaya pemenuhan standar pelayanan minimum terkait dengan pelayanan pengangkutan orang di Stasiun Blitar telah terpenuhi dengan baik. Hambatan dalam pemenuhan standar pelayanan minimum oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait dengan pelayanan pengangkutan orang di Stasiun Blitar antara lain: 1. Sumber Daya Manusia masyarakat kurang sehingga kadang sering mengalami kesulitan dalam menjelaskan sistem yang sekarang berlaku; 2. Kurang efektifnya sistem online PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menjangkau seluruh pelayanan; 3. Diperlukan perubahan lokasi tata letak di Stasiun Blitar; dan 4. Banyak ketidakharmonisan informasi yang diberikan oleh pegawai di Stasiun Blitar. Sedangkan beberapa hambatan yang dihadapi dalam memenuhi standar pelayanan minimum di perjalanan antara lain: 1. Kesadaran pengguna jasa kereta api untuk menjaga fasilitas yang telah disediakan masih kurang; 2. Kesadaran para penumpang untuk menjaga kebersihan di dalam gerbong kereta api masih kurang;dan 3. Tingginya aksi kejahatan di atas transportasi umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/123/051402848
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 May 2014 10:24
Last Modified: 20 Apr 2022 00:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111742
[thumbnail of Skripsi_Ulung_Prestiwi_Mukti_105010113111010.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ulung_Prestiwi_Mukti_105010113111010.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item