Analisis Yuridis Terhadap Peraturan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Perkara Kepailitan Perusahaan Penerbangan

Trias, Rumiasih (2014) Analisis Yuridis Terhadap Peraturan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Perkara Kepailitan Perusahaan Penerbangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan ini, penulis membahas tentang kedudukan dan hak-hak konsumen pada saat terjadi perkara kepailitan perusahaan penerbangan yang di atur dalam Undang-undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan dan Undang-undang No. 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Karena perlu ditinjau lebih lanjut peraturan mana yang digunakan dalam pemenuhan hak-hak konsumen pada saat kepailitan perusahaan penerbangan. Berdasarkan hal tersebut diatas, penulis mengangkat rumusan masalah:(1) Bagaimana peraturan perlindungan hukum bagi konsumen dalam perkara kepailitan perusahaan penerbangan? (2) Bagaimana alternatif perumusan tentang peraturan perlindungan hukum dalam perkara kepailitan perusahaan penerbangan agar dapat lebih menjamin perlindungan hukum bagi konsumen? Penulisan ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan Perundang-undangan (statute Approach) dan pendekatan konsep (Conseptual Approach). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa konsumen dijadikan sebagai kreditur konkuren, yaitu kreditur yang paling akhir pemenuhan piutangnya berdasarkan Undang-undang No. 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dikarenakan hak-hak dan kedudukan konsumen pada saat terjadi kepailitan tidak diatur dalam Undang-undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Hal ini diperparah apabila insolvensi suatu perusahaan yang sangat parah maka menyebabkan konsumen tidak mendapatkan haknya sama sekali. Sehingga perlu adanya alternatif perumusan peraturan kepailitan perusahaan penerbangan agar dapat lebih menjamin perlindungan konsumennya. Alternatif perubahan tersebut meliputi penambahan materi baru pada Undang-undang Perlindungan Konsumen, Undang-undang Penerbangan dan Undang-undang Kepailitan. Perubahan tersebut meliputi penambahan hak-hak konsumen dan kewajiban perusahaan penerbangan untuk tetap melayani konsumennya pada saat perusahaan penerbangan mengalami perkara kepailitan.

English Abstract

In this paper, the author discusses the status and rights of consumers during a airline bankruptcy case is set on Consumer Protection Act of 1999, The Flight Act of 2009 and Bankruptcy and Suspension of Payment Act of 2004. Because it is need to further review the rules which are used in the fulfillment of consumer rights in bankruptcy aviation corporation. Based on the above, the authors raised the formulation of the problem: (1) How can the rules of law for consumer protection in the case of airline bankruptcy? (2) How the alternative formulation of the rules of legal protection in the case of airline bankruptcy in order to better guarantee legal protection for consumers? This thesis used normative method with statute Approach and Conseptual Approach. From the research that has been can know that the consumer made as unsecured creditors, the creditors whose claims are based on the final compliance on Bankruptcy and Suspension of Payment Act of 2004 due to the rights and status of consumers are not regulated on Consumer Protection Act of 1999 and The Flight Act of 2009. This is worsened when the insolvency of a company that is so severe it causes consumers to not get right at all. Because consumer rights ignored in the case of airline bankruptcy it is necessary to an alternative formulation of airline bankruptcy laws in order to better guarantee protection of consumers. The alternatives include the addition of new material on the Consumer Protection Act, Law Aviation and Bankruptcy Law. The revision includes the addition of consumer rights and obligations of the airlines to keep serving customers at the time of the airline experienced a bankruptcy case

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2014/109/051402450
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2014 07:32
Last Modified: 19 Apr 2022 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111726
[thumbnail of Skripsi_FULL_TRIAS.pdf]
Preview
Text
Skripsi_FULL_TRIAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item