Efektifitas Permenakertrans Nomor Per 07/Men/V/2010 Tentang Asuransi TKI Dalam Upaya Perlindungan Terhadap Hak-Hak Tenaga Kerja Indonesia Yang Bekerja Di Luar Negeri ( Studi Di Kabupaten Malang )

Narendra, Rafi Himawan (2013) Efektifitas Permenakertrans Nomor Per 07/Men/V/2010 Tentang Asuransi TKI Dalam Upaya Perlindungan Terhadap Hak-Hak Tenaga Kerja Indonesia Yang Bekerja Di Luar Negeri ( Studi Di Kabupaten Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan mengenai TKI yang setiap tahun semakin meningkat, seiring dengan semakin bertambahnya jumlah TKI yang bekerja di Luar Negeri. Di mana permasalahan ini berdasarkan konsitusi merupakan tanggung jawab negara untuk melindungi warga negaranya di manapun ia berada. Melihat fakta dan realita di lapangan mengenai permasalahan TKI yang cukup kompleks, maka berdasarkan amanat Pasal 68 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, maka Pemerintah memutuskan agar dibuat sebuah sistem perlindungan TKI yang efektif, praktis dan efisien untuk melindungi TKI pada saat pra penempatan, pada saat penempatan, hingga pasca penempatan, melalui sebuah perlindungan Asuransi Khusus Bagi Tenaga Kerja Indonesia. Peraturan pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, yang mengatur tentang teknis pelaksanaan asuransi TKI, adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER 23/MEN/XII/2008, yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER 07/MEN/V/2010. Berdasarkan latar belakang dirumuskanlah masalah mengenai (a) Bagaimanakah efektifitas pelaksanaan Peraturan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Nomor PER 07/MEN/V/2010 Tentang Asuransi Tenaga Kerja Indonesia, dalam upaya pelaksanaan perlindungan terhadap hak-hak TKI yang bekerja di luar negeri di Kabupaten Malang dan (b) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat efektifitas pelaksanaan Peraturan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Nomor PER 07/MEN/V/2010 Tentang Asuransi Tenaga Kerja Indonesia tersebut. Untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan asuransi TKI, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan empiris dengan metode pendekatan yang digunakan yuridis sosiologis. Pengumpulan data primer diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lokasi dan juga hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa asuransi TKI ini belum efektif untuk melindungi hak-hak TKI yang bekerja di luar negeri. Terutama dalam hal sosialisasi karena tidak sedikit TKI yang tidak mengerti dan memahami program asuransi. Persyaratan dokumen dan prosedur pengurusan klaim yang rumit dan memakan waktu yang lama, serta tidak adanya transparansi mengenai indikator atau ukuran mana klaim yang diterima dan klaim yang ditolak merupakan salah satu permasalahan yang harus diselesaikan untuk memperbaiki pelayanan kepada nasabah, sehingga asuransi TKI dapat menjadi sebuah sistem yang efektif untuk melindungi hak-hak TKI yang bekerja di luar negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/95/051304787
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 May 2013 09:57
Last Modified: 19 Apr 2022 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111710
[thumbnail of Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Final.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Final.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item