Efektivitas Pemilihan Lurah Desa Dengan Menggunakan Alat Semi Elektronik Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2000 Tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan Dan Pember

Jadi, Widhi Swastika (2013) Efektivitas Pemilihan Lurah Desa Dengan Menggunakan Alat Semi Elektronik Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2000 Tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan Dan Pember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peraturan yang telah ditetapkan sebagai salah satu upaya dalam memperlancar proses penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa yang ada di wilayah Kabupaten Sragen yaitu yang didasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2000. Peraturan Daerah ini merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang ada di tingkat desa. Pemilihan Lurah Desa tersebut diharapkan terpilih pemimpin rakyat yang ada di desa secara jujur, adil, transparan dan sangat memperhatikan hak asasi manusia Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: Untuk memahami dan menganalisis efektivitas pelaksanaan pemilihan Lurah Desa di Kabupaten Sragen berdasarkan Peraturan Daerah Sragen Nomor 3 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Lurah Desa di Kabupaten Sragen, memahami keunggulan proses pemungutan suara dalam pemilihan Lurah Desa dengan menggunakan alat semi elektronik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan alat semi elektronik. Dan memahami dan menganalisis hambatanhambatan yang timbul dalam pelaksanaan pemilihan Lurah Desa dengan menggunakan alat semi elektronik di Kabupaten Sragen. Hasil penelitian alat semi elektronik yang digunakan dalam pemungutan suara terhadap pelaksanaan pemilihan lurah desa yang dilaksanakan di Desa Bener Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen yaitu lebih efektif bahkan dapat mengurangi kesalahan/kecurangan, sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dimana setiap pemilih telah memasukkan kartu suara kedalam bilik dikontrol dengan peralatan elektronik yang ditandai dengan bunyi tertentu, sehingga dapat diketahui dari luar bilik apakah pemilih tersebut sudah memasukkan kartu suara atau belum. Keunggulan alat semi elektronik adalah cepat, yaitu tidak memakan waktu lama, karena suara dalam pemilihan Lurah Desa Mudah : Tinggal memasukkan ke kotak suara. Efisien, bisa dipakai untuk berbagai macam pemilihan selanjutnya, misalkan : Pemilihan Kebayan Desa, BPD, Bupati dan lain-lain. Aman, yaitu adanya sensor, kartu suara sulit dipalsu dan tidak ada pemilih yang memilih dua kali. Hal ini keunggulan pemilihan Lurah Desa dengan menggunakan alat semi elektronik, disimpulan bahwa tidak ada permasalahan yang menghambat, hal ini menunjukkan bahwa alat semi elektronik mempunyai keunggulan cepat, mudah, efisien dan aman. Hambatan-Hambatan Dalam Pemilihan Lurah Desa Dengan Menggunakan Alat Semi Elektronik di Kabupaten Sragen adalah 1) Masih ada yang belum paham atau belum tahu khususnya masyarakat yang sudah lanjut usia, 2) Masih ada masyarakat yang terlambat untuk memberikan hak suaranya. 3) Masih adanya masyarakat yang belum terdaftar dan pelaksanaan pemilih Lurah Desa dengan menggunakan alat semi elektronik dibutuhkan biaya yang relative besar khususnya dalam pengadaan alat semi elektronik tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/65/051302947
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:38
Last Modified: 18 Apr 2022 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111681
[thumbnail of skripsifix.pdf]
Preview
Text
skripsifix.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item