Analisis Yuridis Tentang Penerapan Asas Keseimbangan Kepentingan Dalam Uu No. 5 Tahun 1999 Dan Penyelesaian Perkara Persaingan Usaha Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)(Studi kasus tentang pu

Ardiansyah, Richy (2013) Analisis Yuridis Tentang Penerapan Asas Keseimbangan Kepentingan Dalam Uu No. 5 Tahun 1999 Dan Penyelesaian Perkara Persaingan Usaha Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)(Studi kasus tentang pu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Penerapan asas keseimbangan kepentingan oleh KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) dalam menyelesaikan perkara persaingan usaha. asas keseimbangan kepentingan merupakan salah satu asas hukum yang ada di dalam UU Persaingan Usaha. Sehingga asas keseimbangan kepentingan merupakan dasar pemikiran dari para pembuat undang-undang Persaingan Usaha. Dalam Skripsi ini penulis menganalisa penerapan asas keseimbangan kepentingan dalam pasal-pasal Undang-undang no. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU Persaingan Usaha). Selain menganalisa penerapan asas keseimbangan kepentingan di dalam UU Persaingan Usaha, penulis juga mengambil contoh salah satu putusan yang dikeluarkan oleh KPPU dalam menyelesaikan perkara persaingan usaha. Putusan yang diambil sebagai contoh tersebut adalah putusan KPPU no.2/KPPU/-L/2005 antara PT. Carrefour Indonesia dan Pemasok Barang. Dalam upaya untuk meneliti penerapan asas keseimbangan kepentingan oleh KPPU dalam menyelesaikan perkara persaingan usaha, maka metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis Normatif, yaitu mengkaji dan menganalisis penerapan asas keseimbangan kepentingan dalam pasal-pasal UU Persaingan Usaha dan putusan KPPU no.2/KPPU/-L/2005 antara PT. Carrefour Indonesia dan Pemasok Barang. Kemudian seluruh bahan hukum dianalisis menggunakan pendekatan pendekatan Statuta Approach dan Case Approach. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang diangkat oleh penulis, bahwa penerapan asas keseimbangan kepentingan di dalam pasal-pasal UU Persaingan Usaha berupa larangan kegiatan dan/atau perjanjian yang diatur di dalam antara pasal 4-29 UU Persaiangan Usaha. Selanjutnya, di dalam putusan yang dikeluarkan oleh KPPU antara PT. Carrefou Indonesia dan Pemasok Barang. Penerapan asas keseimbangan kepentingan dapat dilihat dari putusan KPPU yang memberikan sanksi terhadap PT. Carrefour Indonesia. Hal ini dikarenakan kegiatan penerapan syarat dagang minus margin yang dilakukan oleh PT. Carrefour Indonesia terhadap Pemasok Barang terbukti telah menghalangi pelaku usaha lain dalam menjalankan usaha yang sama. Dan kegiatan tersebut telah memenuhi semua unsur-unsur yang ada di dalam pasal 19 (a) UU Persaingan Usaha yang merupakan implementasi dari penerapan asas keseimbangan ,kepentingan oleh KPPU dalam menyelesaikan perkara persaingan usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/31/051302912
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Apr 2013 09:15
Last Modified: 18 Apr 2022 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111646
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item